Home / Gadget / Android / Cara Menonaktifkan Notifikasi Update Aplikasi Android

Cara Menonaktifkan Notifikasi Update Aplikasi Android

Notifikasi untuk update aplikasi android selalu menarik kita tunggu karena dengan notifikasi tersebut kita dapat segera mengupdate aplikasi ke versi terbaru untuk menghilangkan bug atau mendapatkan fitur terbaru aplikasi yang dirilis oleh developer. Namun terkadang, update tersebut menjadi menjengkelkan dan kurang begitu berguna bagi kita.

Misalnya saja, ketika kita sedang berada dalam acara yang penting dan ponsel kita berbunyi akibat menerima pemberitahuan update pada salah satu aplikasi yang kita gunakan. Ngeselin kan? Iya.. Atau misalnya notifikasi update yang menumpuk terlalu banyak justru membuat proses update berjalan lambat karena semua aplikasi menjalankan update secara bersamaan. Bagi beberapa orang, mereka cenderung lebih suka mengecek secara manual update aplikasi ke play store untuk mendapatkan pembaharuan dari pada mendapatkan notifikasi pembaruan berulang dari berbagai macam aplikasi. Dengan mengecek aplikasi secara manual, kita juga dapat memilih prioritas aplikasi mana yang harus di-update terlebih dahulu.

Untuk menonaktifkan notifikasi update aplikasi pada smartphone android, kita dapat melakukan pengaturan dari Google Play Store. Ketika notifikasi dinonaktifkan, kamu tidak akan menerima pemberitahuan ketika update aplikasi tersedia di Play Store namun kamu dapat mengecek secara manual keberadaan update tersebut. Kamu juga bisa mengembalikan pengaturan untuk kembali mendapatkan notifikasi update aplikasi android.

Cara Mematikan Notifikasi untuk Update Aplikasi Android

Baca juga:  Daftar Kumpulan Smartphone Android Dengan Ram 6GB

Langkah pertama: Jalankan Google Play Store pada smartphone androidmu.

Langkah kedua: Ketuk tombol Options berbentuk tiga garis horizontal pada sebelah kiri atas Google Play Store untuk membuka menu slides.

Langkah ketiga: Ketika menu sudah muncul, pilih opsi Settings untuk masuk ke pengaturan Play Store.

Langkah keempat: Pada layar pengaturan, cari bagian Notifications kemudian matikan opsi “App updates available” dan “Apps were auto-updated” untuk membuat aplikasi tidak lagi memberikan pemberitahuan pembaharuan aplikasi. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih detailnya.

matikan notifikasi update android
Hilangkan centang pada bagian Notifications

Langkah kelima: Tutup Google Play Store dan selesai.

Jika suatu saat kamu rindu pada notifikasi update aplikasi, kamu dapat langsung membuka Settings pada Google Play Store dan mengaktifkan kembali dua pilihan yang sebelumnya dinonaktifkan dan kamu akan mulai mendapatkan pemberitahuan update kembali.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

5-aplikasi-untuk-mengganti-background-foto-di-android

5 Aplikasi Untuk Mengganti Background Foto Di Android

Aplikasi Untuk Mengganti Background Foto Di Android – Dulu untuk edit foto dan mengganti background …