Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Non-Removable Supaya Lebih Awet

Jaga Baterai Kamu Tetap Terisi

Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Non-Removable Supaya Lebih Awet – Jika kamu memiliki laptop baru dengan baterai yang tak dapat dilepas, kamu mungkin butuh yang satu ini. Saat ini memang laptop dengan baterai yang tak bisa dilepas atau non-removable semakin menjamur, mulai dari Asus Zenbook, Apple, Chromebook, Macbook dan berbagai macam model laptop lainnya.

Lalu bagaimana sih cara merawat laptop dengan baterai yang non-removable? Ada baiknya kamu menyimak ulasan ini agar laptop kamun menjadi awet.

Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Non-Removable Supaya Lebih Awet

Berapa Lama Baterai Kamu Bisa Bertahan?

Berapa Lama Baterai Kamu Bisa Bertahan?

Sebenarnya masing-masing baterai mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. Asus menyatakan bahwa baterai mereka bisa bertahan dalam kondisi yang prima hingga 300-500 siklus charger, ini mengindikasikan bahwa baterai laptop bisa bertahan dalam kondisi bagus selama 18 bulan sebelum akhirnya kualitasnya menurun.

Jaga Baterai Kamu Tetap Terisi

Jaga Baterai Kamu Tetap Terisi

Ternyata membiarkan baterai tetap terisi juga sangat penting lho karena salah satu produsen laptop HP merekomendasikan bahwa baterai minimal menyimpan 50-70 % ketika disimpan dalam suhu 20-25 derajat celcius. Bila kamu berencana untuk tak menggunakan laptop beberapa hari atau beberapa minggu maka pastikan bahwa baterai tetap terisi.

Perhatikan Suhu

Perhatikan Suhu

Kasus ini sebenarnya sudah kasus lama namun tak henti-henti kami mengingatkan bahwa suhu adalah faktor yang sangat penting untuk menjaga baterai laptop kamu supaya tetap stabil. Suhu baterai yang terlalu panas memang menjadi salah satu faktor yang menakutkan untuk baterai bahkan untuk suhu yang ekstra dingin sekalipun. Namun suhu panas juga lebih menakutkan dan untuk itu kamu harus menjaga suhu ruangan serta suhu laptop pada kondisi yang tepat. Buatlah suhu ruangan kamu stabil dan jangan terlalu panas. Tak hanya itu saja usahakan juga tak menggunakan laptop di atas bantal atau kasur karena material dari benda tersebut bisa meningkatkan panas pada laptop.

Baca juga:  5 Ponsel Android Dengan Daya Tahan Baterai Terbaik

Penggunaan Dan Proses Charging

Penggunaan Dan Proses Chargenya

Tak sedikit orang yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan laptop lewat daya dari baterai serta kapan menggunakan laptop dengan daya langsung dari listrik. Sebetulnya kedua cara ini dapat kamu lakukan kapan saja dan tidak apa-apa untuk mencolokkan laptop ke listrik seharian ketika menggunakannya di rumah atau kantor, Laptop terbaru sudah dirancang khusus untuk bisa menjaga daya baterai supaya tak over charger. Namun yang harus diingat adalah proses charger juga bisa mendatangkan panas berlebih jadi tetap jaga suhu udara serta ventilasi ruangan.

Jangan Biarkan Baterai Sampai 0%

Jangan Biarkan Baterai Sampai 0%

Yang harus kamu ingat adalah laptop dan baterai mempunyai masa pemakaian. Menurut riset dari Batteryuniversity.com membuktikan bahwa baterai yang digunakan hingga habis mempunyai umur yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan baterai yang dicharger sebelum habis.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk bisa merawat baterai laptop non-removable biar jadi lebih awet, semoga ulasan di atas dapat membantu kamu yang sedang mencari cara merawat baterai laptop non-removable, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca – Memori eksternal atau kartu SD …