Home / Gadget / Cara Transfer Kontak dan Data dari Android ke iPhone

Cara Transfer Kontak dan Data dari Android ke iPhone

Kabar gembira bagi kamu saat ini adalah pengguna Android yang ngebet ganti iPhone karena terpesona iPhone 6s keluaran terbaru. Kini kamu bisa dengan mudah mentransfer kontak, musik, foto, video, sms dari smartphone Android ke iPhone. Dulu, transfer data baik kontak dan lainnya memerlukan proses yang lama dan membosankan. Ya, dulunya kita harus membackup data ke komputer kemudian melakukan sinkronisasi dengan iPhone.

Tetapi kini kamu tidak perlu lagi menggunakan cara lama tersebut. iOS 9 yang baru saja diluncurkan dengan berbagai fitur baru, tak ketinggalan membawa aplikasi untuk membantu transfer kontak, foto, pesan, video dan lainnya dari Android ke iPhone. Dan hari ini kamu akan mengetahui cara transfer kontak dan data dari Android ke iPhone.

iOS 9 yang baru saja diluncurkan membawa fitur aplikasi baru “Move to iOS” yang membuat pengguna android dapat memindahkan data kontak, foto, video, bookmark web, akun email, wallpaper dan lain-lain dari Android ke iPhone. Aplikasi “Move to iOS” memudahkan pekerjaan transfer data ini. Move to iOS adalah aplikasi yang digunakan smartphone Android untuk koneksi dengan iPhone melalui Wi-Fi untuk transfer data. Sayangnya, aplikasi ini baru bisa digunakan untuk transfer data dari Android ke iPhone yang sudah menggunakan iOS 9 ke atas. Bagi kamu yang belum kebagian iOS 9 jangan berkecil hati. Kamu masih bisa mengupgrade iPhone kamu ke seri terbaru untuk mendapatkan iOS 9 :p

Berikut ini adalah cara untuk mentransfer kontak dan data dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi Move to IOS.

1. Buka Apps dan Data pada iPhone, kemudian pilih Move Data from Android.

iPhone-Apps-and-Data1

2. Buka Google Play Store pada smartphone Android, cari Move to iOS lalu Install. Klik Accept untuk memulai instalasi dan klik Open ketika instalasi telah selesai.

install move to app

3. Ketika Aplikasi Move to iOS terbuka, akan ada konfirmasi untuk melanjutkan proses atau tidak. Klik Continue pada kedua smartphone baik iPhone dan Android.

Klik Continue
Klik Continue

4. Masukkan 12 digit kode dari iPhone ke aplikasi Move to iOS pada Android.

Baca juga:  Cara Membuat Video Timelapse dengan Ponsel Android
Masukkan 12 digit code
Masukkan 12 digit code

5. Setelah kamu memasukkan kode dengan benar, Android akan otomatis terkoneksi dengan iPhone melalui Wi-Fi Direct. Kamu tinggal memilih data apa saja yang akan ditransfer.

6. Kamu bisa memilih apapun seperti kontak, foto, video, pesam, chrome bookmark bahkan akun Google sekalian ditransfer pun bisa. Klik Next ketika selesai memilih. Tunggu proses transfer. Lama proses tergantung banyak tidaknya data yang ditransfer. Tunggu saja…

Proses transfer data
Proses transfer data

7. Sekarang semua data Androidmu telah ditransfer ke iPhone. Semua data yang ditransfer akan ditempatkan sesuai dengan aplikasi iPhone masing-masing.

8. Setelah proses transfer selesai, iPhone akan meminta setting dilanjutkan. Tap “Continue Setting Up iPhone” kemudian masukkan Apple ID. Setelh selesai, kamu akan diminta log in akun Google yang kamu transfer dari Android.

Login ke Akun
Login ke Akun

Setelah kamu masukkan password untuk login, semua proses transfer data dan kontak dari Android ke iPhone telah selesai dan iPhone kamu sudah membawa semua data dari smartphone Androidmu.

Sekarang kamu telah menyelesaikan transfer semua kontak dan data lainnya dari Andorid ke iPhone. Berdasarkan pengalaman, waktu yang dibutuhkan untuk transfer data tergantung dari besar data yang ditransfer. Untuk perkiraan, 500 MB data akan selesai selama 10 menit mulai dari setting iPhone hingga memasukkan password akun Google di iPhone. Cara ini adalah cara paling aman untuk transfer kontak dan data lainnya karena langsung antara Android dan iPhone kamu. Semoga tutorial ini membantumu saat kamu akan mentransfer data dari Android ke Iphone.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …