Home / Tips n Trik / Cara Uninstall Aplikasi Pre-Installed di Windows 10

Cara Uninstall Aplikasi Pre-Installed di Windows 10

Windows 10 hadir dengan beberapa aplikasi modern bawaan termasuk Maps, People, Xbox, Photos dan Groove. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa di-uninstall secara langsung mengingat Windows 10 tidak menyertakan link untuk uninstall aplikasi. Namun ternyata kamu masih bisa menghapus aplikasi tersebut dengan menggunakan Powershell.

Uninstall Aplikasi  Pre-Installed Windows 10 Satu per Satu

Kamu bisa menghapus aplikasi satu per satu dengan menggunakan Powershell. Cari Powershell dari start menu, klik kanan kemudian pilih Run as Administrator. Atau dengan cara lain jalankan Command Prompt sebagai administrator kemudian ketik powershell dan tekan tombol enter. 

Setelah kamu berada dalam powershell, jalankan command di bawah ini untuk mendapatkan daftar aplikasi yang terinstal pada sistem Windows 10 berdasarkan user yang sedang dipakai.

Get-AppxPackage | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Untuk mendapatkan daftar aplikasi yang terinstall oleh semua user, jalankan command berikut.

Get-AppxPackage -AllUsers | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa Powershell mampu menampilkan semua aplikasi ke dalam daftar lengkap dengan nama package aplikasi. Sekarang kita tinggal mencari aplikasi yang akan di-uninstal dan ingat-ingat nama package dari aplikasi tersebut.

Sebagai contoh kita akan meng-uninstal aplikasi Xbox, catat nama aplikasi tersebut seperti xboxapp. Agar lebih mudah, kita dapat menggunakan tanda (*) sebelum dan sesudah nama aplikasi pada Powershell sehingga kita tidak perlu menyebutkan nama lengkap dari package aplikasi.

Selanjutnya, gunakan command berikut untuk menghapus aplikasi Xbox kemudian tekan Enter.

Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage

Perintah di atas dapat digunakan untuk menghapus aplikasi pre-install di Windows 10 satu per satu. Apabila kamu ingin menghapus semua aplikasi pre-installed pada windows 10 secara berbarengan dengan satu perintah, berikut adalah cara untuk melakukannya.

Baca juga:  Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Jalankan Powershell sebagai administrator, kemudian jalankan perintah di bawah ini.

Get-AppxPackage -AllUsers | Remove-AppxPackage

Perintah tersebut akan menguninstall semua aplikasi pre-installed pada smeua user. Powershell akan menampilkan beberapa error tanda beberapa aplikasi tidak bisa di-uninstall akan tetapi biarkan saja warning tersebut sampai aksi selesai. Setelah selesai, Start Menu Windows 10 akan lebih bersih karena aplikasi-aplikasi pre-installed sudah dihapus.

Menghapus aplikasi pre-installed tidak ada artinya apabila selanjutnya kamu membuat user account baru. Hal tersebut dikarenakan ketika kita membuat user account baru, semua aplikasi tersebut akan kembali terinstall secara otomatis bagi user baru tersebut. Untuk mencegahnya, kamu bisa menjalankan perintah di bawah ini melalui Powershell.

Get-AppXProvisionedPackage -online | Remove-AppxProvisionedPackage –online

Bagaimana, mudah bukan untuk menghapus aplikasi pre-installed pada Windows 10?

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …