Home / Featured / Google Chrome kamu lambat? Begini cara mempercepatnya..
cara mempercepat loading chrome

Google Chrome kamu lambat? Begini cara mempercepatnya..

Google Chrome adalah salah satu browser yang paling populer di jagad raya ini. Banyak pengguna internet lebih suka menggunakan Google Chrome dibandingkan browser yang lain.

Sayangnya Google Chrome sering mengalami masalah yang dirasakan banyak orang, yaitu loading yang lambat. Tahukah kamu, Google Chrome menjadi lebih lambat karena fiturnya sendiri seperti extension dan lainnya.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa Google Chrome tetap stabil dan ringan dijalankan.

1. Kurangi Extensions yang kamu pakai

Extensions digunakan untuk menambah fungsi dari Google Chrome yang sangat bermanfaat. Misalnya untuk download video, blokir iklan dan lain sebagainya. Tetapi disisi lain, semakin banyak extensions yang kamu gunakan, semakin lambat pula Google Chrome kamu. Extensions berjalan di bacground dan me-load data sebelum halaman web ditampilkan di jendela Google Chrome.

Untuk mempercepat response Chrome ketika digunakan untuk browsing, kamu bisa menghapus atau men-disable extensions yang tidak perlu. Caranya sangat mudah, ketik url chrome://extensions pada location bar atau ke menu Chrome Options -> More Tools -> Extensions.

Hilangkan tanda centang pada opsi Enabled untuk menonaktifkan extensions, atau klik icon trash untuk menghapus extensions.

Menghilangkan extensions Chrome yang tidak dibutuhkan
Menghilangkan extensions Chrome yang tidak dibutuhkan

2. Disable Plugin yang tidak perlu

Plugin hampir sama dengan extensions. Fungsinya sama-sama menambah kemampuan bekerja Chrome. Secara default, Google Chrome memiliki plugins seperti PDF Reader, Adobe Flash Player dan lain-lain. Plugins ini bisa bertambah sendiri tanpa kamu sadari jika kamu menginstal software tertentu di PC kamu.

Sama halnya extensions, plugin bisa memperlambat Google Chrome. Untuk menonaktifkan plugin yang tidak perlu, ketik chrome://plugins pada address bar. Klik disable pada plugins yang tidak kamu perlukan.

Men-disable plugin Google Chrome
Men-disable plugin Google Chrome

3. Hapus Apps yang tidak penting

Google Chrome memang bukan sekedar browser biasa. Google Chrome juga memiliki aplikasi untuk web apps yang berbasis HTML5, CSS3 dan Javascript. Jika kamu merasa Apps yang ada tidak kamu butuhkan, kamu bisa menghapusnya dengan mudah.

Ketik chrome://apps pada address bar, kemudian klik kanan pada Apps yang akan dihapus lalu klik Remove from Chrome.

Baca juga:  Cara Membuat atau Memodifikasi Halaman Error 404 pada Blogger
google chrome apps cara mengatasi chrome lambat
Menghapus Apps Google Chrome

4. Menggunakan Fitur Prefetch Resources

Google Chrome memiliki fitur cerdas untuk mempermudah user berselancar di internet. Salah satunya adalah Prefetch Resources. Jika kita mengaktifkan fitur ini, Google Chrome akan mendeteksi situs web atau link apa saja yang biasa kamu kunjungi. Google Chrome akan me-load halaman tersebut sebelum kamu membukanya sehingga mempercepat loading web yang biasa kamu kunjungi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Options -> Settings -> Show Advanced Settings. Centang opsi Prefetch resources to load pages more quickly.

Mempercepat loading halaman dengan Prefetch Resources
Mempercepat loading halaman dengan Prefetch Resources

Selain itu, kita beruntung bahwa Chrome memberikan keleluasaan bagi kita untuk mengaktifkan fitur-fitur rahasia yang masih dalam tahap pengembangan oleh tim developer Google Chrome.

Sayangnya, fitur-fitur ini belum bisa berjalan di semua devices. Artinya, beberapa perangkat bisa saja tidak mampu menjalankan fitur-fitur rahasia ini. Cukup ingat-ingat perubahan yang kamu lakukan dan bersiap kembalikan seperti semula jika fitur tidak berjalan dengan maksimal atau memicu timbulnya permasalahan.

Beberapa tips yang bisa kamu coba mulai dengan ketik chrome://flags pada address bar Chrome kamu. Cobalah mengaktifkan fitur-fitur berikut ini untuk mempercepat kinerja Chrome kamu :

1. Enable experimental canvas features.

2. Fast tab/window close

3. Scroll prediction

4. Maximum tiles

5. Raster Threads

6. Answer in Suggest

7. Simple cache for HTTP

Mengaktifkan fitur flags
Mengaktifkan fitur flags

Klik Relaunch Now untuk membuka ulang Google Chrome sekaligus mencoba perbedaan performa Chrome setelah kamu mengaktifkan fitur-fitur tambahan.

Itu tadi adalah tips dan trik untuk mempercepat Google Chrome kamu yang sudah mulai melambat. Jika memang Google Chrome sudah kamu oprek tapi tetap lambat, mungkin sudah waktunya kamu upgrade PC atau Laptop kamu sob!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Lenovo Vibe P1 Turbo

Harga Dan Spesifikasi Lenovo Vibe P1 Turbo November 2016

Harga Dan Spesifiksi Lenovo Vibe P1 Turbo November 2016 – Pabrikan asal Tiongkok bernama Lenovo …

  • wisang geni

    maaf gan, kenapa Google Chrome, ane pada flag ga sama ya dengan yang di tulis agan… mohon infonya..

    • Rian

      coba update chrome ke versi terakhir, gan..

  • Halla Abin

    Terima kasih banyak …..