Sunday , December 17 2017

Ini dia fitur rahasia iOS 9 yang harus kamu tahu!

iOS 9 baru saja dirilis pekan ini. Apa saja yang menarik dari iOS 9 ini? Dikutip dari Hongkiat.com, dalam artikel ini kamu akan tahu fitur-fitur rahasia dan tersembunyi dari iOS 9.

Bagi kamu yang tidak mendapatkan notifikasi pembaruan iOS 9, kamu bisa melakukan update sendiri dengan mengakses Setting -> General -> Software Update -> Download and Install. Update ini sendiri hanya 1,3 Gb jauh lebih ringan daripada iOS 8. Ada beberapa keluhan tentang masalah yang terjadi pada saat update, namun sejauh ini iOS 9 masih berjalan cukup baik.

Namun jika kamu masih menimang-nimang untuk melakukan update atau tidak, berikut ini beberapa fitur baru yang akan menggoda kamu untuk melakukan update ke iOS 9.  Secara keseluruhan, iOS 9 memiliki kesan cerdas, powerfull dan beberapa perbaikan pada keyboard, Maps, Mail, Apple Pay, daya tahan baterai dan user interface yang lebih menarik.

1. Proactive Intelligence

Ketahui siapa penelpon kamu. Firut Proactive Intelligence membantu kamu untuk menebak nomor yang tidak dikenal namun mempunyai hubungan melalui email dengan kamu. Fitur ini menghubungkan kontak telepon dan email dan menampilkan nama pemanggil yang belum ada pada kontak telepon.

Menetahui siapa yang melepon kamu.
Menetahui siapa yang melepon kamu.

Memainkan musik yang kamu suka. Proactive assistant akan mencatat lagu-lagu yang kamu mainkan pada lokasi dan waktu tertentu kemudian secara otomatis akan memberikan rekomendasi untuk diputar pada aplikasi musik yang kamu gunakan.

Memberikan sugesti pada orang yang sering kamu kontak. Ketika kamu akan menambah nama tujuan email yang kamu tulis, iOS 9 akan memberikan sugesti orang-orang favorit yang sering kamu  kirim pesan berdasarkan pesan-pesan yang kamu kirim sebelumnya.

Memberikan sugesti kontak favorit
Memberikan sugesti kontak favorit

Menambahkan Event otomatis pada Calendar. Jika kamu mendapatkan email penting untuk penerbangan atau yang lainnya, iOS 9 secara otomatis akan menambahkannya pada Calendar sehingga kamu akan diingatkan pada event tersebut.

Tracking Penerbangan dan Paket. iOS 9 juga akan membantu kamu untuk tracking status penerbangan maupun pengiriman paket. Berbagai info yang relevan akan muncul untuk mencari tahu info terakhir status penerbangan ataupun paket.

Mengingatkan kamu untuk mulai berangkat. Event yang sudah tercatat pada kalendar akan memberikan reminder pada kamu berdasarkan situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu. Peringatan akan diberikan beberapa waktu sebelumnya ditambah jarak yang akan ditempuh sehingga kamu tidak akan terlambat untuk event tersebut.

2. Siri

Melakukan Pencarian Foto dan Video berdasarkan konteks. Siri memberikan pilihan konteks untuk melakukan pencarian. Siri memahami instruksi seperti “Tunjukkan video yang diambil di pesta pernikahan Nada”. Pencarian akan dilakukan berdasarkan tanggal, lokasi dan nama album.

Membuat Reminder dengan Siri. Siri ingin menjadi aplikasi to do favorit. Kini, kamu bisa menggunakan Siri untuk mengatur pengingat untuk tugas ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi seperti, email, atau Maps. Intinya, pengingat sekarang dapat diatur di aplikasi siri untuk mengingatkan berbagai hal.

Pengingat Siri
Pengingat Siri

Mencari rute menggunakan transportasi publik. Siri akan membantumu ketika kamu membutuhkan rute kereta bawah tanah, kereta ataupun bus. Siri akan menunjukkan rute yang harus kamu tempuh untuk menuju tempat yang kamu inginkan. Namun fitur ini hanya berlaku pada kota-kota besar yang terpilih.

3. Spotlight

Kamu bisa menggunakan spotlight untuk berbagai hal berikut :

Mencari jadwal dan hasil pertandingan olahraga. Kini kamu bisa menggunakan Spotlight untuk mencari informasi tentang klub bola favoritmu ketika dalam perjalanan. Cukup ketik nama klub bola favoritmu pada kolom pencarian Spotlight.

Mencari keadaan cuaca. Ketik “weather” lalu diikuti dengan nama kota lalu cari pada Spotlight untuk mendapatkan informasi cuaca kota tersebut.

Informasi Cuaca
Informasi Cuaca

Melakukan operasi hitung matematika. Kamu juga bisa melakukan penghitungan matematika dengan spotlight. Tulis saja penghitungan yang kamu cari dan Spotlight akan menampilkan hasilnya.

Mengerjakan operasi hitung matematika
Mengerjakan operasi hitung matematika

4. Multitasking

Berpindah aplikasi dengan mudah. iOS 9 kini mendukung aplikasi multitasking. Sekarang kamu bisa membalas pesan secara langsung ketika kamu sedang browsing menggunakan web. Slide aplikasi pesan atau aplikasi kedua kamu dari sisi layar agar layar browsing tetap terbuka.

Pindah ke aplikasi yang lain
Pindah ke aplikasi yang lain

Split layar untuk dua aplikasi. Split view memungkinkan kita untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar. Kita juga bisa mengatur ukuran layar masing-masing aplikasi.

Baca juga:  Daftar Power Bank Fast Charging Dengan Daya Super Besar
Membagi layar menjadi dua
Membagi layar menjadi dua

Menjaga video tetap ada di layar. Jika kamu sedang memainkan video lalu tiba-tiba akan melakukan aktifitas dengan aplikasi lain, videou akan tetap berada di dalam layar dengan ukuran yang lebih kecil sehingga kamu tidak terlewat sedetikpun apa yang ada pada video yang kmau tonton.

5. Keyboard dan Text Control

Seleksi teks lebih mudah. Gunakan dua jari untuk menyeleksi teks yang ada di layar. iOS 9 memberikan kemudahan untuk menyeleksi teks dengan cepat.

Text Formatting. Kini iOS 9 membawa perubahan besar pada keyboard controlnya. Tersedia shortcut untuk melakukan text formatting ketika kamu menulis email ataupun yang lainnya. Ya kini kamu bisa mengatur Bold, Italyc,  Underline ataupun copy paste dengan tombol yang tersedia di bagian atas keyboard.

Layout keyboard iOS 9
Layout keyboard iOS 9

Emoji bendera negara baru. iOS membawa pembaruan set emoji berupa bendera negara. Negara mana saja yang masuk dalam list? Indonesia salah satunya.

6. Maps

Terdapat keterangan tempat-tempat publik. Seakan-akan menyaingi Google yang memiliki informasi tentang transportasi publik, Apple Maps kini mempunyai informasi yang detail tempat transit umum, stasiun, jadwal dan lain-lain. Namun fitur ini baru berlaku di kota-kota besar.

Daftar tempat menarik terdekat. Lebih dikenal dengan Nearby Places. Fitur ini sangat berguna bagi turis untuk mencari hotel, tempat makan, belanja, rumah sakit atau untuk mengunjungi tempat-tempat baru.

Nearby places iOS 9
Nearby places iOS 9

Daftar toko yang support Apple Pay. Apple Maps juga mempunyai fitur tempat mana saja yang support pembayaran dengan Apple Pay.

Menyimpan alamat dalam Maps. Apple Maps bisa menyimpan data alamat favorit yang sering kamu kunjungi seperti Rumah, Kantor atau tempat favorit lainnya yang kamu inputkan di awal. Selanjutnya, kamu cukup menekan rumah atau kantor untuk mendapatkan petunjuk arah tanpa menulis alamat lengkapnya.

7. Notes

Menambahkan foto dan video pada catatan. Kata orang, satu foto bisa berarti lebih dari seribu kata. iOS 9 memungkinkan kamu untuk menambahkan foto atau video ke dalam catatan kamu.

Membuat ceklis. Catatan kamu sekarang bisa berupa ceklis. Kamu bisa mencentang apa saja yang sudah selesai kamu kerjakan.

Membuat ceklis pada Notes
Membuat ceklis pada Notes

Fitur menggambar. Malas menulis? Notes mempunyai tools untuk menggambar langsung dalam catatan kamu.

8. Mail

Pencarian email lebih cepat. Cari apa yang kamu butuhkan lebih cepat berdasarkan pengirim, penerima, judul atau kombinasi.

Mencari email lebih cepat
Mencari email lebih cepat

Mengatur attachment dengan iCloud. Simpan dokumen atttachment kamu lebih aman dengan iCloud. FIle yang kamu simpan di iCloud sama mudahnya untuk diakses dengan yang kamu simpan via email.

9. Apple Pay

Support lebih banyak. Apple Pay kini support Discover, debit card dan yang lainnya.

Checkout lebih cepat. Pembayaran dengan Apple Pay lebih cepat dari yang kam pikir. iOS 9 memberikan kemudahan dalam setiap transaksi yang kamu lakukan.

10. Manajemen Baterai

Low Power Mode. iOS 9 memiliki profil Low Power Mode yang akan membuat handset kamu bertahan lebih lama selama 3 jam.

Low Power Mode iOS 9
Low Power Mode iOS 9

Memperpanjang nyawa baterai. Fitur Extending Batteray Life ini akan memperpanjang daya tahan baterai kamu selama satu jam sebelum di-charge ulang.

Informasi Penggunaan Baterai. Kamu bisa melihat seberapa besar konsumsi baterai dari tiap aplikasi. Klik Setting -> General -> Usage -> Battery Usage untuk melihatnya.

11. User interface

Perubahan cukup besar diberikan iOS 9 untuk masalah tampilan dan user interface. Font default yang digunakan adalah San Francisco. Selain itu banyak sekali perubahan pada tampilan seperti podcast, video zoom, spotlight, app switcher sampai dengan share pesan suara.

Fitur-fitur baru iOS 9 masih sangat banyak untuk dikulik, jika kamu berminat mencoba segera saja updrage iOS kamu dan rasakan sensasi fitur baru iOS 9. Jika sudah selesai mencoba, kamu bisa menambahkan fitur yang belum tertulis disini pada kolom komentar, ya!

Gambar utama oleh: iphonehacks.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس