Home / Featured / Inilah 15 rahasia Google yang sangat keren!

Inilah 15 rahasia Google yang sangat keren!

Google di era sekarang ini seakan-akan menjadi candu bagi banyak orang. Seringkali kita lebih memilih mencari sesuatu di Google daripada harus memutar ingatan atau sekedar membuka catatan. Ya, kita memang bisa melakukan banyak hal dengan Google. Dengan Google, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang belum pernah kita ketahui bukan?

Namun, tahukah kamu bahwa Google terus berinovasi dengan terus memberikan fitur-fitur menakjubkan yang mungkin membuat kita ‘mlongo’ melihatnya. Google dapat dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, turis untuk mendapatkan informasi secara real time!

Pada artikel ini akan dibahas 15 rahasia yang bisa kamu lakukan dengan Google. Tentu saja, kamu akan merasa lebih keren dengan memanfaatkan fitur-fitur Google berikut ini.

1. Bermain Atari Breakout

Jenuh dengan kesibukan pekerjaan kantor? Mulai mengantuk saat bekerja? Google Images menyediakan sebuah permainan yang diberi nama Atari Breakout untuk membantumu me-refresh otak dan menghilangkan kantuk. Kamu cukup mengetik “Atari Breakout” pada kolom perncarian Google Images untuk mulai memainkan permainan ini.

Game Atari Breakout Google Images
Game Atari Breakout Google Images

2. Bermain Game Pacman

Satu lagi games ringan yang bisa kamu lakukan dengan Google. Game jadul Pacman ini bisa kamu mainkan dengan instant dengan mengetik “Pacman” pada kolom pencarian Google. Kamu bisa menggunakan tombol arah pada keyboard untuk langsung memulai menggerakkan si Pacman di layar monitor.

Permainan Pacman dari Google
Permainan Pacman dari Google

Jangan lupa kamu juga bisa share hasil yang kamu raih pada permainan ini kepada teman-temanmu lho!

3. Bermain Game Zerg Rush

Game instant yang satu ini membutuhkan ketangkasan dalam memencet klik mouse. Ketik Zerg Rush lalu klik Search lalu hasil pencarian kamu akan mulai dihancurkan oleh lingkaran-lingkaran kecil yang muncul di layar monitor. Kamu harus mengeklik lingkaran-lingkaran itu sebelum hasil pencarianmu habis dihancurkan.

Bermain Zerg Rush Google
Bermain Zerg Rush Google

4. Menulis Handwriting pada Google Translate

Google Translate memiliki fitur input Handwriting untuk menuliskan kata yang akan kamu terjemahkan. Fitur ini cocok untuk bahasa yang menggunakan karakter-karakter yang tidak tersedia di keyboard kamu. Caranya klik icon keyboard pada pojok kiri form input bahasa, pilih Input Tulis Tangan. Tulis sesuai yang kamu inginkan dengan menggunakan drag pada mouse-mu.

Input Tulis Tangan Google Translate
Input Tulis Tangan Google Translate

Klik pada kata yang kamu maksud pada suggestion di bawah form gambar untuk langsung menerjemahkan kata yang kamu tulis.

Input Handwriting Google Translate
Input Handwriting Google Translate

5. Mencari cara pengucapan nilai yang besar pada bahasa asing

Sedang ada tes Bahasa Asing? Ada pertanyaan untuk Pronounce angka? Gunakan trik ini. Tulis angka kemudian diikuti operator samadengan (=) lalu diikuti bahasa yang kamu inginkan.

Google akan membantumu mengetahui cara pengucapan angka tersebut dengan instant.

Cara mengetahui cara pronounce angka
Cara mengetahui cara pronounce angka

Fitur ini terbatas maksimal hanya 13 digit angka saja bro, kalau lebih ya usaha sendiri :p

6. Menggunakan Calculator Google

Tahukah kamu Google adalah Calculator kelas wahid yang bisa kamu gunakan? Cukup ketik operasi hitung yang kamu mau seperti 6*7 , 56/8 , 10^2 lalu klik Search. Google akan menampilkan Calculator yang bisa kamu gunakan. Tentu saja dengan hasil operasi hitung yang telah kamu masukkan.

Baca juga:  5 Kesalahan Yang Wajib Dihindari pada SEO Website
Menggunakan Kalkulator Google
Menggunakan Kalkulator Google

Hebatnya lagi, operasi hitung trigonometri pun bisa kamu cari dengan mudah dengan calculator ini. Hasilnya? Valid, bro!

7. Menghitung luas bangun datar

Kamu bisa menggunakan Google untuk menghitung luas bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi dan sebagainya. Ketik “solve” diikuti jenis bangun yang kamu pilih. Misalnya “solve triangle” untuk menyelesaikan soal menghitung luas segitiga.

Menghitung luas segitiga
Menghitung luas segitiga

8. Membuat Grafik Fungsi

Fitur ini wajib diketahui para pelajar. Membuat grafik fungsi kini lebih mudah dengan Google Search. Ketikkan “graph for” diikuti fungsi yang ingin kamu ketahui grafiknya.

Membuat grafik fungsi Google
Membuat grafik fungsi Google

Mudah sekali bukan?

9. Mengetahui nilai tukar mata uang asing

Ingin berbelanja online dari luar negeri tapi takut kemahalan? Jika kamu ingin mengetahui nilai barang dalam rupiah secepat kilat, gunakan fitur dar Google yang satu ini.

Sebagai contoh, ketik 100 USD to IDR untuk mengetahui besar 100 US Dollar dengan nilai Rupiah.

Menghitung nilai tukar mata uang asing dengan google
Menghitung nilai tukar mata uang asing dengan google

 

Konversi Nilai Mata Uang Google
Konversi Nilai Mata Uang Google

10. Konversi satuan

Seperti halnya konversi mata uang, konversi satuan ini sangat mudah digunakan. Contohnya ketik Kgs to gs untuk mengetahui konversi dari Kilogram ke gram. Pelajar wajib tahu fitur ini nih, eits tapi satuannya dalam bahasa inggris ya 🙂

Konversi satuan Google
Konversi satuan Google

11. Terjemahan Langsung

Selain menggunakan Google Translate , penerjemahan bisa kamu lakukan langsung dari Google Search lho. Contohnya ketik Indonesia to english untuk terjemahan langsung dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Fitur ini cocok kamu gunakan untuk terjemahan kata-kata yang singkat dan cepat.

Menggunakan Google Search sebagai translator
Menggunakan Google Search sebagai translator

12. Mengetahui Prakiraan Cuaca

Kamu bisa dengan cepat mengetahui kondisi cuaca dan prakiraan cuaca kotamu dengan Google Search. Singkat saja ketik “Jakarta Forecast” untuk mengetahui kondisi cuaca Jakarta beserta prakiraan cuaca seminggu ke depan. Hebat bukan?

Mengetahui keadaan cuaca
Mengetahui keadaan cuaca

13. Cek status penerbanganmu

Trik bagi kamu yang suka beterbangan. Kamu bisa mengetahui informasi penerbanganmu dengan mudah dengan mengetik nomor penerbanganmu.

Cara mengecek penerbangan dengan Google
Cara mengecek penerbangan dengan Google

Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap sampai dengan di terminal mana kamu harus masuk.

14. Mencari Buku berdasarkan Penulisnya.

Kamu juga bisa mencari berbagai buku berdasarkan nama penulisnya. Misalnya semua buku yang ditulis oleh John Grisham. Cukup tulis “Books by John Grisham” dan semua buku yang kamu cari akan ditampilkan oleh Google.

Mencari buku berdasarkan penulis
Mencari buku berdasarkan penulis

15. Memutar layar Google Search

Ketik “Do a barrel roll” atau “tilt” dan lihat apa yang terjadi pada layar monitormu.

Itu tadi adalah 15 rahasia keren dari Google Search yang bisa kamu manfaatkan. Sebenarnya masih banyak lagi trik dari Google yang akan terus dikembangkan Google.

Punya trik yang belum ada di artikel ini? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar 2016

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar – Berikut ini kami akan mengulas tentang smartphone-smartphone …

  • Halla Abin

    Terima kasih banyak …..