Modal Snapdragon 435, Ini Kelebihan & Kekurangan Oppo A57

kelebihan oppo a57, kekurangan oppo a57, oppo a57, kelebihan dan kekurangan oppo a57

Modal Snapdragon 435, Ini Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57 – Lemoot.com – Melanjutkan tagline Unstoppable Selfie-nya, Oppo lagi-lagi memperkenalkan anggota keluarga baru untuk smartphone A Series mereka. Oppo A57 hadir di tengah sengitnya pertempuran ponsel android di kelas menengah ke bawah. Lantas apa yang menjadi modal kepercayaan diri Oppo dalam meramaikan pasar smartphone yang saat ini didominasi oleh brand yang masih itu-itu saja?

Mungkin Kamu sendiri juga sudah tahu kalau Xiaomi yang punya rasio price to perform terbaik juga mendominasi kelas low dan mid-end. Belum lagi brand asal Tiongkok dan Taiwan lain yang juga tak mau kalah.

Terlepas dari itu, Oppo yang mulai mengambil inisiatif berani dengan menggunakan chip Qualcomm patut diacungi jempol. Meskipun chipset Mediatek juga tak kalah handal, perubahan yang dilakukan sang vendor diyakini akan menggaet lebih banyak konsumen dengan popularitas Snapdragon yang terhitung lebih baik sebagai otak ponsel. Terlepas dari itu juga, Oppo yang terkenal dengan jargon Camera Phone itu membekali A57 dengan kamera depan 16 MP dengan software mumpuni sebagai nilai jual utama.

  • Dimensi : 1 x 72.9 x 7.7 mm
  • Bobot : 147 gram
  • Bahan : Body Aluminum
  • SIM : Dual SIM (Nano) stand-by
  • Jenis Layar : IPS
  • Ukuran Layar : 2 inch, (68.6% dari body)
  • Resolusi : 720 x 1280 pixels, (282 ppi) rasio 16:9
  • Proteksi : Corning Gorilla Glass 4
  • OS Android : 6.0 (Marshmallow) dengan Color OS 3.0
  • Chipset : Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435
  • CPU : Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 505
  • Internal : 32 GB, 3 GB RAM
  • Penyimpanan : mendukung microSD sampai 256 GB
  • Kamera Utama : 13 MP (f/2.2) dengan autofocus dan LED flash
  • Fitur Kamera : Geo-tag, fokus sentuh, deteksi wajah, panorama dan HDR
  • Video : [email protected]
  • Kamera Depan : 16 MP (f/2.0, 1/4″, 1.12µm) autofocus, 1080p
  • Suara Notifikasi : MP3, WAV ringtones dan getar
  • Fitur Suara : Loudspeaker dan jack audio 3.5mm
  • Konektifitas : WLAN, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot, Bluetooth kelas 4.1, A2DP, A-GPS, FM radio, microUSB 2.0 support OTG
  • Sensor : Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Compass
  • Perpesanan : SMS, MMS, Email, Email Push
  • Multimedia : Pemutar MP4/H.264/FLAC, MP3/eAAC+/WAV, penampil dokumen, editor foto
  • Baterai : Li-Ion 2900 mAh (tanam)
  • Warna : Black, Gold, Rose Gold

Baca Juga : Harga Oppo A57 Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Inilah Kelebihan & Kekurangan Oppo A57

Diantara deretan spesifikasi di atas, mungkin bagi Kamu yang paling mencolok adalah perubahan chipset dan kamera depan. Sementara pada bagian lainnya, sepertinya spesifikasi yang diusung tak terlalu banyak mengalami peningkatan signifikan. Lantas, apakah ponsel ini masih cukup pantas untuk ditimang? Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang telah kami rangkum untuk Oppo A57, antara lain;

Kelebihan HP Oppo A57

  • Citarasa Khas Oppo

Kelebihan Oppo A57 yang pertama adalah pada Citarasa Khas Oppo. Dengan spesifikasi yang tak banyak berubah, ternyata hal tersebut juga ikut menular pada bagian fisik dimana Oppo A57 tak menglami banyak perubahan desain siginfikan dari pendahulunya.

Kamu yang sudah familiar dan menikmati citarasa khas Oppo ini tak salah dengan bodi yang tipis dengan sudut yang lebih manusiawi. Dengan dimensi 149.1 x 72.9 x 7.7 mm pastinya ponsel ini menawarkan genggaman yang nyaman berlam-lama sekalipun.

Oppo A57
Oppo A57

Body metal itu juga terasa solid dengan ukuran body yang tergolong compact. Cocok bagi Anda yang kurang suka dengan ponsel jumbo dan lebih suka hal ringkas. Di depan ponsel ada sebuah tombol home yang menyembunyikan sensor sidik jari. Perlu Kamu tahu kalau tombol ini tidak bisa ditekan dan cukup di sentuh saja sama seperti kedua tombol lain di kiri dan kanannya. Sementara sisanya masih sama seperti biasa, yaitu speaker, port charger dan jack audio di bagian bawah.

Dengan Gorilla Glass 4, layar ponselmu akan lebih terjaga dari benturan dan goresan yang mungkin saja dialami. Belum lagi dengan bahan metal yang menampung semua komponen untuk memberikan keamanan ekstra dari berbagai ancaman. Kamu bisa lebih tenang meskipun tanpa mengenakan case pelindung sekalipun.

  • Fingerprint

Kelebihan Oppo A57 lainnya adalah pada Fingerprint. Home yang dibuat menyerupai tombol fisik pada bawah layar Oppo A57 juga difungsikan sebagai sensor sidik jari. Oppo mengklaim bahwa sensor ini mempunyai performa yang lebih baik dibanding buatan merek lain dengan kecepatan pengenalan sidik jari yang hanya 0,2 detik saja.

Baca juga:  Harga OPPO JOY R1001, Kelebihan dan Kekurangannya
Oppo A57
Oppo A57

Seperti yang diketahui bahwa rata-rata sensor sidik jari bekerja di 0,3 detik. Namun soal akurasi yang didapatkan masih perlu penyesuaian dengan si penggunanya. Sensor ini bisa dimanfaatkan untuk keamanan kunci layar sekaligus mengamankan akses ke sejumlah aplikasi yang didukung.

  • Kamera Depan

Kelebihan Oppo A57 lainnya adalah pada Kamera Depan. Sepertinya Oppo A57 memang pantas dengan tag Unstopable Selfie dengan modul kamera depan berukuran 16 MP. Tentu saja, ukuran ini terbilang besar jika dibanding yang dimiliki oleh ponsel lain pada umumnya. Selain resolusi yang besar untuk detail photo yang baik, modul ini masih didukung oleh fitur software yang terbilang komplit besutan Oppo.

Ada fitur bokeh yang bisa digunakan pada foto selfie Kamu agar gambar diri menjadi lebih menarik perhatian dibanding background. Ada lagi fitur beautify dan panorama untuk wefie yang juga sayang jika tidak Kamu usili.

Oppo A57, kamera oppo a57
Oppo A57

Handal di depan ternyata tidak membuat ponsel ini melupakan sisi belakang. Ada kamera resolusi 13 MP menggunakan sensor CMOS milik Sony yang sanggup mengakomodir keterampilan dan keahlian Kamu memainkan Mode Expert untuk pengaturan Exposure, Shutter Speed, Fokus, White Balanca dan ISO manual. Penguasaan teknik fotografi mobile mu akan semakin terpuaskan oleh fitur yang dihadirkan pada Oppo A57 ini.

  • Jerohan

Menjadi catatan tersendiri, pemilihan chipset Qualcomm Snapdragon 435 bisa dikatakan sebagai langkah awal yang baik bagi Oppo. Dengan processor 8 inti berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3GB terasa cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi populer masa kini. Namun yang harus Kamu ingat, Snapdragon 435 ini masih tergolong chipset low-end loh ya.

Untuk kebutuhan game, lagi-lagi ponsel ini juga hanya sanggup mencapai kata “cukup”. Dengan Adreno 505 sebagai prosesor grafis, ada banyak pilihan game 3D hingga HD yang bisa dimainkan dengan lancar seperti Subway surfer, Hungry Shark World atau Aspalt 8. Untuk game kelas berat, Kamu bisa mengalami frame drop yang mungkin mengganggu pengalaman gaming.

Kekurangan HP Oppo A57

  • Resolusi Layar

Saat banyak ponsel di kelasnya mulai beralih menggunakan layar dengan resolusi Full HD, Oppo A57 masih kekeuh dengan resolusi HD. Entah apa yang mendasari pabrikan untuk menggunakan kerapatan layar standar ini. Mulai menunjang performa grafis, menghemat baterai atau apa, sepertinya Oppo masih memilih bermain aman di zonanya tersebut. Untuk browsing dan bermedsos ria, layar ini masih cukup memuaskan walau kurang memuaskan untuk nonton film dan gaming yang menuntut resolusi besar.

Oppo A57
Oppo A57
  • Tanpa Fast Charging

Kekurangan Oppo A57 lainnya adalah tanpa adanya fitur Vooc Flash charge, proses pengisian daya baterai terhitung dari 0% hingga 100% bisa menyita waktu Kamu hingga sekitar 3 jam. Hal ini dikarenakan hardware seperti chipset yang memang belum mendukung kemampuan charging cepat. Fitur ini seakan menjadi hal wajib yang harus dimiliki sebuah smartphone mengingat banyak orang yang sangat menghargai waktu mereka.

  • Navigasi

Kekurangan Oppo A57 lainnya adalah pada Navigasi. Oppo memang cukup kreatif dalam mengimitasi sebuah tombol home sebagai navigasi ke layar beranda sekaligus wadah sensor sidik jari. Namun nyatanya, hal ini belum cukup membuatmu terimpresi karena kedua tombol lainnya masih saja berupa tombol buta alias tanpa backlight.

Selain halnya terkesan kurang berkelas, tombol tanpa LED ini juga bisa merepotkan para pengguna yang baru menggunakan ponsel buatan Oppo. Mereka harus meraba-raba letak tombol saat menggunakannya dalam kondisi gelap, dalam kamar saat tengah malam misalnya.

Itulah tadi beberapa kelebihan Oppo A57 dan kekurangan Oppo A57 yang pastinya bisa menjadi pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk membelinya. Bicara soal pembelian, ponsel ini bisa Kamu tebus dengan banderol di kisaran Rp 3 jutaan. Dengan spesifikasi yang diusung secara sekilas, pastinya ponsel ini terkesan kemahalan jika dibanding ponsel lain.

Dengan spesifikasi yang sekelas, brand lain mungkin menawarkan harga mulai setengahnya. Namun yang perlu digarisbawahi adalah target pasar yang dimiliki Oppo sudah sangat jelas, yaitu fotografi ponsel. Sangat jarang ponsel dari kelas flagship sekalipun yang memiliki kamera depan seperti milik Oppo A57 ini.

About Hayart

Internet Marketing enthusiast.