Home / Featured / Menyembunyikan Status Online, Seen dan Tanda Pesan Terbaca pada WhatsApp Web
Cara Menggunakan Whatsapp di PC Menggunakan AirDroid

Menyembunyikan Status Online, Seen dan Tanda Pesan Terbaca pada WhatsApp Web

WhatsApp baru-baru ini telah mengumumkan mereka akan segera menggratiskan layanan WhatsApp (beberapa orang sudah mendapatkan notifikasi gratis WhatsApp selamanya). Dengan demikian, mulai sekarang kita bebas menggunakan WhatsApp dalam jangka waktu sampai kapanpun dan tetap bersih dari iklan. Begitu juga yang akan terjadi pada WhatsApp Web, kita tetap dapat menggunakannya tanpa harus membayar sepeser pun.

WhatsApp web telah menjadi alternatif banyak orang sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Meskipun baru diperkenalkan setelah sekian lama WhatsApp muncul, WhatsApp Web mampu mencuri hati pengguna WhatsApp sehingga kini mulai lebih sering digunakan. Dengan fitur yang lebih dari cukup untuk mengirim dan menerima pesan, melihat profil kontak, mengubah alert notifikasi hingga untuk mute percakapan agar tidak mengganggu fokus kerja.

Meskipun demikian, ada satu hal yang tidak dimiliki WhatsApp Web yang mungkin justru dibutuhkan oleh penggunanya. Berbeda dengan WhatsApp pada smartphone yang memiliki fitur untuk mendisable tanda pesan telah dibaca atau dikenal dengan centang biru, WhatsApp Web tidak memiliki fitur tersebut sehingga pengguna WhatsApp web tidak bisa bersembunyi untuk membaca pesan yang telah masuk.

Beruntung, banyak developer baik hati yang mengerti celah tersebut dan memberikan solusi dari permasalahan ini. Adalah add-on untuk Mozilla Firefox bernama ShutApp yang bisa membantu kita. Sekali ShutApp diaktifkan, kamu bisa membaca pesan pada WhatsApp Web tanpa mengirimkan laporan bahwa pesan tersebut telah terbaca. Dengan kata lain, pesan tersebut tidak akan menjadi centang dua berwarna biru pada layar smartphone pengirim pesan, meskipun pesan tersebut telah kamu baca.

Baca juga:  Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive
Icon ShutApp
Icon ShutApp

Untuk menggunakan add-on ini sangat mudah, kamu cukup menginstall ShutApp pada Firefox kamu. Klik icon ShutApp pada pojok kanan atas untuk mengaktifkan mode WhatsApp Privacy. Setelah WhatsApp privacy mode aktif, kamu mulai bisa membaca pesan WhatsApp pada web tanpa mengirimkan tanda pesan terbaca pada pengirim.

Pengirim pesan akan tetap mengetahui bahwa pesannya sudah terkirim akan tetapi mereka tidak akan mengetahui jika kamu sudah membacanya. Sementara status last seen atau online akan menyesuaikan pada aplikasi yang berada pada smartphonemu. Begitu juga jika kamu membaca pesan melalui aplikasi yang ada pada smartphone, centang biru akan tetap berlaku karena add-on ini tidak menghalangi apa yang kita lakukan dengan aplikasi WhatsApp pada smartphone.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara-Membuat-Tampilan-Android-Menjadi-iPhone

Inilah Cara Membuat Tampilan Android Menjadi iPhone

Membuat tampilan Android menjadi iPhone – Seperti kita ketahui kalau ada dua sistem operasi mobile …