Home / Featured / Rules Of Third, Rahasia Komposisi Fotografi Yang Harus Kamu Tahu!
example-rule-of-thirds-portrait-photography

Rules Of Third, Rahasia Komposisi Fotografi Yang Harus Kamu Tahu!

Rule of thirds/aturan sepertiga merupakan rumus atau prinsip komposisi yang paling di kenal dan populer dalam dunia fotografi. Aturan komposisi ini menjadi pondasi dan acuan bagi keseimbangan elemen-elemen yang ada di sebuah foto, yang nantinya foto tersebut diharapkan menjadi benar-benar terlihat proporsional serta enak dilihat.

Bagi kamu yang suka potret memotret, sebaiknya kamu paham tentang rumus Rule of thirds. Walaupun dalam komposisi foto, rules of thirds hanyalah salah satu dari sekian banyak prinsip komposisi lainnya. Dan setiap prinsip ini tidak wajib dijalani, namun untuk bisa berkembang dan lebih kreatif dalam dunia Fotografi, seringkali orang bilang “Untuk bisa mahir dan mumpuni harus tahu dulu aturannya”.

Apa itu komposisi rules of third?

Rule of Third adalah aturan komposisi dimana bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar, baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar.Nah hasil dari pembagian bidang tersebut kita memliki pertemuan 4 titik.untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar dibawah ini.

the rule of thirds lemoot.com

Perhatikan keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas, keempat titik itu bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Teori komposisi rules of thirds mengatakan bahwa kalau kita menempatkan “point of interest” atau bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat.

Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satu saja.Ingat-ingat ya “cukup satu titik saja”.Dan Isi dari elemen point of interest tersebut bisa jadi berupa obyek foto manusia ataupun benda mati.

Dalam ilmu desain pun sama, disana disebutkan bahwa saat melihat sebuah gambar, mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik mata diatas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak dimata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.

Baca juga:  Snapseed, Aplikasi Editing Foto Mobile yang Support Format RAW

Untuk lebih mudahnya ,lihatlah foto-foto yang menggunakan rules of thirds di bawah ini.

Composition Rule of Thirdsmacan sebagai point of interes berada di titik kiri atas

rule-of-thirds-still-lifekupu sebagai POI berada di titik kanan bawah

rule-of-thirds-portrait

rule-of-thirds-photography-geisha-japan

Rule-of-Thirds no grid

Ternyata mudah bukan komposisi rules of third? Sekarang kamu pasti sudah bisa melihat komposisi rules of third pada 2 foto terakhir di atas tanpa garis bantuan & titik mata.

 

Bagaimana cara menerapkan komposisi rules of third dalam sebuah foto?

Dalam mempelajari aturan dari komposisi rules of third, ada tiga point penting yang harus selalu kita ingat dan pertanyakan sebelum jari Anda memencet tombol shutter:

  1. Temukan & tentukan objek yang menjadi point of interest (POI) pada foto kita. Bagian manakah yang menjadi objek utama yang paling menarik dalam foto kita?
  2. Setelah itu bagilah foto dalam viewfinder menjadi persimpangan seperti gambar diatas.
  3. Terakhir pilihlah di titik sebelah manakah point of interest tadi ingin ditempatkan.

Demikian pembahasan tentang prinsip komposisi rules of thirds . Semoga dapat membantu dan selamat mencoba!

gambar :companyfolders,photographymad,1stwebdes

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

cara-menggunakan-kamera-dslr-yang-tepat-bagi-pemula-2

Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Tepat Bagi Pemula

Cara menggunakan kamera DSLR dengan tepat dan benar memang merupakan dasar yang penting ketika belajar …