Smartphone Alumunium vs Plastik, Manakah Yang Lebih Tahan Panas?

Smartphone Alumunium vs Plastik, Manakah Yang Lebih Tahan Panas? – Masih seputar tentang para pengguna smartphone yang mengeluhkan akan smartphonenya yang panas, di kesempatan ini kita akan mengulas informasi tentang material atau bahan pada smartphone. Seperti yang kita ketahui bersama, setiap vendor smartphone pasti punya kebijakan masing-masing dalam pemilihan material-material yang akan digunakannya pada smartphonenya. Penasaran dengan apa saja sih bahan dari smartphone? Mari kenali beragam jenis bahan yang digunakan pada smartphone? Bahan apa saja yang bisa menyebabkan smartphone jadi terasa panas? Adakah smatphone yang panas namun tetap dingin di tangan?  Simak ulasan di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

Alumunium

n1Ulasan Pertama adalah smartphone yang menggunakan bahan alumunium, bahan yang paling mudah untuk menghantarkan panas adalah alumunium. Bahan alumunium ini lebih banyak digunakan oleh vendor smartphone kelas premium seperti, Apple iPhone 6, Samsung Galaxy S6, HTC One Series, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu maka  tak heran jika smartphone-smartphone kelas premium tersebut terasa cepat panas di tangan. Para vendor memang mengkhususkan alumunium digunakan pada smartphone premium karena bahan aluminium memang sengaja digunakan untuk bisa menghilangkan panas dari dalam smartphonenya sendiri. Soalnya, smartphone kelas premium pasti menggunakn hardware kelas atas yang kencang dan mengeluarkan suhu panas lebih tinggi tentunya.

Plastik

n2Ulasan selanjutnya adalah mengenai bahan smartphone dari plastik. Kebanyakan smartphone kelas menengah ke bawah memang menggunakan bahan dari plastik di hampis seluruh bodinya. Bahan plastik selain murah dan mudah didapatkan juga lebih gampang diproduksi karena jumlahnya yang tidak terbatas. Salah satu resiko dari bahan plastik adalah smartphone akan terlihat tidak elegan atau mewah dan terlihat pasaran. Tapi soal urusan panas, smartphone dengan material plastik rata-rata tidak terlalu membuat tangan terasa panas karena bahan plastik yang digunakan  memang bukan penghantar panas yang baik, sehingga panas dari dalam smartphone bahan body plastik tidak seluruhnya tersalurkan dengan baik ke luar body-nya.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Infinix Zero 4 Plus Berkamera 20.7 MP

Kaca

n3

Setelah alumunium dan plastik, pembahasan selanjutnya adalah bahan kaca atau glass. Jika dibanding dengan alumunium atau plastik, bahan dari  kaca ini lebih bisa menghantarkan panas. Salah satu smartphone yang menggunakan material kaca untuk smartpohne adalah Sony Xperia Z series. Jadi tak heran jika smartphone tersebut bisa dengan mudah terasa panas di tangan kita karena memang dapat menghantarkan panas dengan baik (membuang panas keluar bodi) lebih baik dibanding alumunium dan plastik.

Polycarbonate

n4Nah, diantara plastik, kaca, dan aluminium banyak yang salah mengira dan membedakan antara plastik dan polycarbonate. Memang keduanya sangat mirip, terlihat dan terasa sama. Tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup mencolok antara plastik dan Polycarbonate. Bahan polycarbonate sejatinya jauh terlihat lebih mengkilat (glossy) dan menarik. Polycarbonate  juga lebih tahan terhadap percikan api dan goresan . Untuk masalah panas, bahan polycarbonate  juga tak terlalu baik dalam menghantarkan suhu panas sehingga tangan kamu tak akan terlalu merasakan panasnya smartphone. Contoh ponsel yang menggunakan polycarbonate  adalah Microsoft lumia 940.

Microsoft lumia 940
Microsoft lumia 940

Demikian ulasan tentang material smartphone baik dari alumunium vs plastik serta bahan lainnya, semoga ulasan di atas bermanfaat dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Huawei Honor 9

Huawei Honor 9 Dual Kamera 20 MP + 12 MP Terbaru 2017

Huawei Honor 9 Dual Kamera 20 MP + 12 MP Terbaru 2017 – Kemampuan Huawei …