Sunday , December 17 2017

Spesifikasi dan Harga Asus ZenFone 2 Laser (ZE550KL), Smartphone dengan Laser Autofocus Termurah

Seri Asus ZenFone 2 dari Asus ini sedikit membingungkan karena begitu banyak varian dengan chipset, RAM, Resolusi Layar dan Kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Kamu harus meneliti secara detail spesifikasi Asus ZenFone 2 sebelum benar-benar membelinya.

Setelah sebelumnya telah mengeluarkan seri ZenFone Selfie dan ZenFone Zoom, kini Asus resmi merilis Asus ZenFone Laser di pasaran. Asus ZenFone Laser memiliki spesifikasi layar 5,5 inch dengan resolusi HD 720p, dibekali Processor Qualcomm Snapdragon 410 dengan RAM 2 GB, namun tersedia juga dengan Snapdragon 615 dengan RAM 3GB. Bingung bukan?

Lalu berapa harga Asus ZenFone Laser? ZenFone Laser dihargai kurang dari 3 juta ini mempunyai teknologi Laser Autofocus yang membuat autofocus lebih cepat pada saat pengambilan gambar. Ini adalah fitur andalah ZenFone Laser karena teknologi laser autofocus ini sudah digunakan pada smartphone high-end semacam LG G4. Menarik bukan untuk ukuran harga kelas menengah? Lalu seperti apa sih spesifikasi lengkap Asus ZenFone Laser ini?

Spesifikasi Asus ZenFone Laser
Spesifikasi Asus ZenFone Laser

Harga dan Spesifikasi Asus ZenFone Laser

Mode SIM Dual SIM (Micro SIM)
Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.8 mm / 170 g
Layar IPS LCD 5.0 inches 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Corning Gorilla Glass 4
Asus ZenUI
Memori Internal 16 GB , support microSD sampai 128 GB
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Processor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
RAM 2 GB dan 3GB
GPU Adreno 306
Adreno 405
Internet HSPA, 4G LTE
Konektifitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.0, GPS with A-GPS GLONAS, microUSB v2.0
Kamera Utama 13 MP, 4128 x 3096 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Kamera Depan 5 MP autofocus
Baterai Li-Po 3000 mAh

Review Asus ZenFone Laser
Ingin tahu bagaimana performa Asus ZenFone Laser 2 ini? Simak review singkat Asus ZenFone Laser berikut ini.

Baca juga:  Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Dari Proses Rooting Smartphone Android

Desain dan Tampilan
Asus ZenFone Laser sangat mirip dengan ZenFone 2. Keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang sama, bahkan hampir tidak ada perbedaan antara keduanya jika dilihat dari sisi depan. Sisi samping Asus Zenfone ini bersih dari tombol maupun slot apapun. Di sisi bawah terdapat port Micro-USB sementara tombol power dan colokan audio 3,5mm ada di bagian atas. Menariknya, user interface Asus ZenFone Laser memberikan kemudahan berupa double tap untuk ‘membangunkan’ layar dari stand by, sehingga kamu bisa mengurangi penggunakan tombol power.

Seperti halnya ZenFone 2, tombol volume ada di belakang di bawah kamera. Meskipun kita harus membiasakan dengan letak volume ini, namun posisi tombol volume masih cukup nyaman untuk mengontrol volume suara. Dengan budget yang terjangkau, Asus ZenFone Laser juga memberikan display yang memuaskan dengan resolusi 720×1280 pixels dan warna serta kecerahan layar yang sangat baik.

Perbedaan kecil ZenFone Laser dan ZenFone 2 terletak di bagian kamera. Flash diletakkan di sisi kiri kamera dan laser ada di sisi kanan kamera sedangkan sisanya hampir sama persis dengan ZenFone 2. Jika kita buka casingnya, baterai dapat dilepas pasang dan ada slot SIM card didekatnya. ZenFone Laser menggunakan slot SIM hybrid yang berarti kamu harus memilih untuk menggunakan dual micro-SIM atau microSD card untuk menambah kapasitas penyimpanan.

ZenFone Laser sisi belakang
ZenFone Laser sisi belakang

Spesifikasi dan Software
Varian ZenFone Laser ada dua yaitu menggunakan Snapdragon 410 SoC dengan RAM 2GB dan Snapdragon 615 dengan RAM 3GB. Meskipun dengan spesifikasi Snapdragon 410 ZenFone Laser ini menjadi terlihat mahal, namun bagaimanapun fitur laser autofocus dapat menjadi andalan dari ZenFone Laser.

Di sisi lain, spesifikasi antara keduanya sama persis dengan memori internal 16GB, kamera utama 13MP, kamera depan 5MP dan dengan baterai berdaya 3000mAh serta mendukung jaringan 4G LTE, dimana sangat bernilai bagi smartphone dengan budget yang terjangkau.

Asus ZenFone Laser menggunakan OS Android 5.0 Lollipop dan user interface andalan Asus ZenUI yang secara otomatis menjadikan aplikasi dalam grup tertentu dimana bisa menjadi terlihat menarik atau sebaliknya, tergantung dari si pengguna nantinya.

ZenUI memberikan keleluasaan untuk kustomisasi perangkat seperti mengatur gesture untuk menjalankan aplikasi, membuka kamera dengan double-tap tombol volume dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan ZenUI.

Baca juga:  Cara Menambah Action Button Baru pada Panel Quick Settings Android 6.0

Kamera
Fitur andalan Asus ZenFone Laser, seperti namanya adalah teknologi laser autofocus yang ada pada kamera utama. Kamera utama berkekuatan 13MP didukung dual-tone flash dan laser sementara kamera depan berkekuatan 5MP. Teknologi laser autofocus ini sering dijumpai pada smartphone kelas atas seperti LG G4 dan OnePlus 2.

Kamera Asus ZenFone Laser mampu menghasilkan foto yang bagus pada ruangan yang gelap, namun terkadang menghasilkan foto ‘backlight’ pada siang hari. Namun, ini bisa diatasi dengan menggunakan mode tertentu atau dengan mengatur fokus lebih teliti dan hati-hati. Adapun untuk kecerahan dan warna yang dihasilkan sudah sangat baik dan lebih dari cukup untuk ponsel seharga kurang dari 3 juta rupiah.

Teknologi Laser autofocus membuat gambar yang dihasilkan sangat bagus, khususnya untuk obyek dengan jarak dekat. Laser autofocus lebih cepat dan akurat untuk mendapatkan fokus obyek. Dengan dukungan fitur dan berbagai macam filter dan mode termasuk time-lapse membuat kamera Asus ZenFone Laser ini sangat nyaman digunakan.

Hasil foto dari kamera Asus ZenFone Laser via ndtv.com
Hasil foto dari kamera Asus ZenFone Laser via ndtv.com

Kesimpulan
Asus ZenFone Laser memiliki bentuk dan tampilan yang menarik secara umum. Teknologi Laser Autofocus menjadi senjata utama pada smartphone ini, dimana dengan harga murah namun sudah bisa mendapatkan teknologi yang ‘mahal’. Apalagi dengan dukungan jaringan 4G LTE membuat koneksi internet super cepat dan baterai yang tahan lama semakin membuatmu nyaman dengan Asus ZenFone Laser ini. Di sisi lain, terdapat kekurangan pada hasil foto di ruangan terbuka, namun kelemahan ini dapat ditutupi dengan pengaturan fokus yang lebih hati-hati dan penggunaan mode lain yang ada seperti HDR dan sebagainya.

Gambar: asus.com , fonearena.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس