Tips Cara Upload Foto atau Video Instagram Lewat PC

Instagram saat ini menjadi media sosial berbasis foto dan video yang paling banyak digunakan di dunia. Mulai dari galeri foto selfie, foto lucu-lucuan, foto keindahan alam, video gol-gol berkelas, portofolio desain sampai dengan menjadi etalase toko online yang menjual produk original sampai dengan yang jualan produk Premium Quality alias KW.

Begitu banyaknya macam pengguna Instagram bahkan hampir semua sisi kehidupan membuat Instagram merupakan salah satu media sosial yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis, apapun jenis bisnisnya. Instagram saat ini tersedia pada Google Play Store dan iTunes untuk perangkat Android dan iOS. Namun, web instagram.com sendiri hanya bisa digunakan untuk melihat, like dan komentar pada timeline Instagram. Pertanyaannya, bagaimana cara upload foto dan video dari PC?

Seberapa penting sih pertanyaan di atas? Bagi kamu yang mempunyai gadget handal dan koneksi internet super cepat mungkin tidak menjadi masalah, sebaliknya masalah mungkin terjadi pada pengguna yang memiliki gadget pas-pasan dengan koneksi internet terbatas (baca: lambat). Bahkan gadget mahal pun tidak ada artinya jika koneksi internet lambat bukan? Permasalahan yang sering terjadi bagi pengguna dengan koneksi internet lambat diantaranya hasil upload foto di instagram menjadi hitam, atau hasil upload video menjadi rusak kepyur alias banyak semutnya.

 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hasil upload foto di instagram menjadi hitam atau hasil upload video di instagram yang menjadi rusak. Salah satunya adalah dengan melakukan upload foto dan video lewat PC atau komputer. Gramblr adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk upload foto dan video melalui PC. Gramblr adalah aplikasi berbasis browser yang berjalan standalone pada PC.

Caranya cukup mudah, download Gramblr lalu instal pada komputer kamu. Kamu bisa download aplikasi Gramblr di situs resminya , yaitu klik www.gramblr.com

Lakukan registrasi akun gramblr, ingat ini registrasi akun gramblr, bukan akun instagram.

Registrasi akun Gramblr
Registrasi akun Gramblr

Setelah kamu mendaftar, konfirmasi akun gramblr kamu via email. Setelah itu kamu bisa login instagram via Gramblr.

Login akun Gramblr
Login akun Gramblr

Untuk upload foto atau video pun sangat mudah, klik menu Upload Now disebelah kiri. Kamu bisa drag and drop foto atau video yang akan diupload atau klik tombol yang ada kemudian cari file foto atau videomu.

Baca juga:  Cara Mengubah Geotag (Lokasi) Foto pada iPhone
Upload foto atau video lalu Crop.
Upload foto atau video lalu Crop.

Setelah foto atau video yang akan diupload terpilih, kamu bisa melakukan cropping foto atau video tersebut. Setelah selesai melakukan cropping, klik tombol “Like” di sebelah kanan. Jika tombol “Like” berwarna merah, berarti masih ada masalah pada cropping foto atau video. Namun jika sudah berwarna hijau maka kamu bisa lanjut ke opsi berikutnya. Untuk video sendiri dibatasi maksimal 15 detik saja.

Jika kamu meng-upload foto Instagram dengan Gramblr ini, kamu bisa memilih filter yang kan digunakan. Pilih filter yang diinginkan kemudian klik next.
Namun, jika kamu upload video, filter akan dilompati dan langsung menulis caption.

Penulisan caption bisa dilakukan pada textbox yang sudah disediakan dan tidak ada batasan karakter yang digunakan.

Upload foto atau video lalu Crop.
Upload foto atau video lalu Crop.
Tulis Caption
Tulis Caption

Selanjutnya kamu bisa memilih untuk meng-upload saat itu juga atau menjadwalkan upload di waktu tertentu namun dengan syarat PC harus nyala pada saat waktu yang ditentukan.

Berbagai fitur lain juga ditawarkan Gramblr. Salah satunya adalah Add Likes yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan Like pada foto atau video yang kamu upload. Fitur add-like ini sebenarnya hanya bertukar like antar sesama pengguna Gramblr karena kamu harus menggunakan koin untuk melakukan perintah Add Likes.
Koin tersebut bisa kamu dapatkan dengan memberi like pada foto user Gramblr yang lain. Caranya klik menu Earn Coins pada sebelah kiri lalu klik like pada setiap foto yang muncul agar mendapatkan banyak coins. Jumlah foto yang ada dibatasi maksimal 100 foto setiap jamnya.

Setiap like yang kamu berikan dihargai 10 coins dan harga yang sama diberlakukan ketika kamu melakukan Add Likes, sehingga coins kamu berkurang sesuai dengan jumlah likes yang kamu inginkan. Misalnya 100 likes = 1000 coins.

Menambah likes dari user Gramblr yang lain
Menambah likes dari user Gramblr yang lain

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah menggunakan Aplikasi Faceapp

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi FaceApp Android

Cara Mudah menggunakan Aplikasi Faceapp  – Untuk para pengguna smartphone android pastinya sudah tak asing …