Home / Teknologi / Tips Rahasia Virtual Desktop Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

Tips Rahasia Virtual Desktop Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

Virtual Desktop merupakan  fitur baru yang sangat berguna di Windows 10. Mungkin banyak dari kita yang belum tahu dan bertanya-tanya apa itu virtual desktop? dan bagaimana cara menggunakan virtual desktop? Virtual desktop (mempunyai banyak desktop) atau Multi Desktop adalah sebuah fitur dimana kamu bisa membuat beberapa desktop tiruan dalam satu windows. Jadi dengan Virtual desktop, memungkinkan pengguna untuk menambah beberapa desktop baru, dan dapat dengan mudahnya menambah beberapa jendela baru di desktop baru yang sudah ditambahkan.

Contohnya saat kamu ingin fokus membuka beberapa browser seperti microsoft edge , chrome, mozilla , opera, kamu bisa menggunakan desktop utama. Selanjutnya kamu bisa membuat desktop virtual lagi yang fungsinya untuk memutar video, musik atau film. Kemudian saat kamu ingin membuka software editing seperti Photoshop, Corel Video Studio, After Effect, Adobe Premiere kamu bisa membuat lagi sebuah virtual desktop baru yang khusus untuk membuka aplikasi editing tersebut. Nah dengan begitu maka kamu sekarang memiliki 3 virtual desktop yang memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda.

Manfaat Virtual Desktop yang sangat terasa adalah kita semakin terbantu dan memudahkan kita dalam mengerjakan tugas-tugas di depan di depan Laptop atau Komputer. Sehingga produktivitas pengguna akan semakin meningkat. Lalu bagaimana cara menggunakan virtual desktop dan apa saja tips rahasia virtual desktop di windows 10 yang harus kita ketahui? Berikut ini penjelasannya :

Tips Rahasia Virtual Desktop Windows 10 yang harus Kamu Ketahui

Cara membuat virtual desktop baru

Cara pertama : klik task view di bagian kiri taskbar. Maka disebelah kanan bawah ada simbol plus bertuliskan new desktop/desktop baru.

cara membuat Virtual Desktop baru - Lemoot

Cara kedua : untuk membuat virtual desktop baru cukup dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows  + Ctrl + D. Secara otomatis akan membuat virtual desktop baru seperti gambar di atas.

Cara mengakses virtual desktop

Untuk berpindah antar virtual desktop dapat dilakukan dengan memilih memilih task view di bagian taskbar lalu klik virtual desktop yang ingin kamu buka. Jika kamu ingin cara cepat membuka virtual dekstop, lakukan dengan kombinasi tombol keyboard Windows + Tab untuk mengakses virtual desktop.

Baca juga:  6 Aplikasi Photo Editing Gratis Windows 10

Cara cepat berpindah Multi desktop/ virtual desktop

Untuk cara cepat berpindah antara virtual desktop yang satu ke virtual desktop yang lain caranya adalah menekan kombinasi tombol keyboard Windows + Ctrl + Panah kiri atau Panah kanan. Maka secara otomatis kamu akan berpindah dari virtual desktop yang satu ke virtual desktop lainnya.


Cara menutup virtual desktop

Jika kamu ingin menutup virtual desktop, caranya adalah pilih tombol x (silang) pada thumbnail virtual desktop. Atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows + Ctrl + F4.

Cara-menutup-Virtual-Desktop---lemoot

Tips Virtual Desktop atau Multi Desktop

  • Fungsi utama virtual desktop adalah untuk mengumpulkan aplikasi dan program berdasarkan prioritas kebutuhan. Untuk itu buatlah beberapa virtual dekstop sesuai dengan jenis / pekerjaan yang ingin kamu lakukan.
  • Secara default, isi virtual desktop yang baru masih kosong. Kamu bisa membuka aplikasi baru di situ atau memindahkan aplikasi yang terbuka dari desktop utama /virtual desktop lain dengan cara drag and drop.
  • Virtual desktop juga membutuhkan memori yang sama saat mengakses program aplikasi yang dibuka. Sebenarnya, virtual desktop hanya mengelompokkan aplikasi tertentu ke desktop khusus, sehingga sebenarnya efek terhadap memori yang dipakai RAM adalah sama saja dengan membuka semua aplikasi dalam satu desktop. Bijaklah dengan membuka aplikasi dan program yang kamu butuhkan.
  • Vitual desktop bisa dibuat sampe 50 an lebih.
  • Saat kamu menutup virtual desktop, maka aplikasi yang tadinya kamu jalankan akan secara otomatis berpindah ke desktop utama (jika sebelumnya aplikasi belum kamu pindah / kamu tutup).

Itulah beberapa rahasia dan tips cara menggunakan virtual desktop di windows 10. Jika kamu sudah memahami dan mempraktekan beberapa tips virtual desktop windows 10 diatas, maka kamu pasti merasa menjadi lebih terbantu dan memudahkan pekerjaan kamu di depat komputer atau laptop. Jika kamu ada pertanyaan atau pengalaman lain tentang virtual desktop, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

aplikasi-google-photoscan-c

Aplikasi Google PhotoScan Memudahkan Memindai dan Simpan Foto Tua kamu

Aplikasi Google PhotoScan Memudahkan Memindai dan Simpan Foto Tua kamu – Seiring dengan perkembangkan jaman …