Sunday , December 17 2017

10 Solusi Cara Mempercepat Android yang Lambat atau Lemot

Banyak orang sering mengeluhkan mulai lambatnya ponsel android mereka. Smartphone Android memang akan mengalami perubahan karena lama penggunaan yang membawa efek negatif terhadap performa smartphone Android. Terkadang penurunan performa ini akan membuat kamu mengupgrade smartphone lebih cepat untuk mendapatkan smartphone yang lebih bagus. Gampangnya, permasalahan performa ini akan menyebabkan smartphone Android kamu tidak bersahabat lagi dengan tangan dan kemauan kamu. Misalnya, ketika kamu membuka tombol home, butuh waktu yang lama untuk berganti aplikasi lain atau sekedar kembali ke desktop.

Kadang-kadang hal ini ketika terjadi smartphone kamu terasa sangat lambat, pesan yang kamu ketik akan muncul lebih lama di layar sehingga sangat mengganggu aktifitas mu dengan smartphone. Atau, ketika mendadak temanmu sudah action minta dipotret, aplikasi kamu malah tidak segera terbuka di smartphonemu dan temanmu ngambek? Banyak hal yang menyebabkan smartphone menjadi lambat, diantaranya karena ruang penyimpanan smartphone yang hampir penuh, atau terlalu banyak proses yang berjalan sehingga RAM smartphone tidak cukup lagi untuk menjalankan aplikasi baru.

Berikut ini adalah 10 cara membuat smartphone kamu tidak lambat lagi.

1. Hapus/Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
Kebanyakan orang pasti mendownload begitu banyak aplikasi tanpa memikirkan kapasitas penyimpanan pada smartphone android. Hal ini tidak berpengaruh apa-apa jika android kamu mempunyai kapsitas penyimpanan yang besar. Namun jika smartphone kamu mulai kehabisan tempat penyimpanan, kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting atau tidak digunakan secara rutin untuk mempercepat loading smartphone androidmu.

Menipisnya sisa tempat penyimpanan khususnya memori internal pada smartphone android akan menyebabkan smartphone android menjadi lambat. Penting untuk tetap menjaga sisa kapasitas memori internal demi kenyamanan penggunaan android sendiri. Untuk itu, hapus aplikasi yang memang menurutmu tidak terlalu penting.

Buka Pengaturan atau Settings kemudian pilih Apps dalam daftar yang ada.

Akan muncul daftar aplikasi yang ada pada androidmu, pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus atau di-uninstal. Klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi dari ponselmu.

Uninstal aplikasi androidCara
Uninstal aplikasi android

Uninstall aplikasi adalah salah satu cara untuk mempercepat kinerja androidmu. Jika suatu saat kamu membutuhkan lagi aplikasi tersebut, kamu dengan mudah dapat mendownload ulang dari Play Store.

2. Bersihkan File Sampah di Memori Penyimpanan

Sudah sangat lazim apabila kita menyimpan banyak goto, lagu ataupun video di smartphone android. Dengan mengisi terlalu banyak file pada smartphone android akan memberikan efek pada performa android. Kadang-kadang kita mendownload banyak file yang akan membuat ‘sampah’ di memori penyimpanan android. Jadi, cobalah selalu menjaga memori penyimpanan baik internal maupun eksternal bersih dari ‘junk‘ files. Hapus semua ‘junk‘ files di smartphone kamu dan rasakan perbedaan ‘kelegaan’ memori penyimpanan smartphone androidmu.

Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan/settings kemudian pilih penyimpanan / storage. Tap daftar paling bawah yaitu “Misc” dan lihatlah file-file sampah yang ada di smartphonemu. Pilih file atau folder yang akan dihapus, namun jika kamu tidak yakin file tersebut adalah sampah, kamu bisa meninggalkannya tanpa menghapus file tersebut.

3. Hapus Semua Cache
Aplikasi android seringkali meninggalkan file di memori penyimpanan yang disebut cache. Cache berisi informasi akun pada aplikasi dan data-data yang diperlukan sehingga loading aplikasi lebih cepat karena mengambil data dari media penyimpanan bukan dari internet.

Cache dari semua aplikasi yang kita install ternyata memakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar pada memori internal. Menghapus cache adalah salah satu cara untuk membuat smartphone android bekerja lebih cepat.

Ingat! Sebelum kamu menghapus semua cache pada smartphonemu, kamu wajib ingat semua email dan password akun aplikasi yang kamu pakai seperti BBM, Instagram, Line dan lain-lain karena menghapus cache akan membuat kamu harus login ulang ke aplikasi tersebut.

Baca juga:  Cara Mudah Mendapatkan Diamonds Gratis Di Mobile Legends

Sama seperti sebelumnya, masuk ke Settings -> Storage -> Cached data lalu pilih OK untuk menghapus semua cache yang tersimpan di memori.

Menghapus cache juga bisa dilakukan pada masing-masing aplikasi sehingga kamu bisa memilih aplikasi apa yang akan dihapus cachemya. Klik Settings -> Apps -> Pilih Aplikasi kemudian klik tombol Hapus Cache.

hapus cache aplikasi android_lemot
Hapus Cache Aplikasi

4. Backup dan Format SD Card
Terlalu banyak file yang disimpan di SD Card dapat memperlambat kinerja androidmu. Maka, jangan manja untuk menyimpan semua file di SD Card. Cobalah untuk backup foto, atau video di komputer kamu sehingga SD Card mu lebih longgar. Jika kamu sudah membackup semua file penting yang ada pada SD Card, kamu bisa mem-format untuk menghapus semua file termasuk ‘junk files’ yang ada.

Untuk melepas SD Card, kamu bisa mematikan androidmu dulu atau masuk ke Settings->Storage kemudian pilih Unmount SD Card untuk melepas SD Card tanpa mematikan smartphone android.

5. Bersihkan Proses pada RAM
Salah satu alasan smartphone lambat adalah akibat banyaknya proses yang berjalan pada RAM. Untuk mempercepat kinerja android, kamu perlu membersihkan proses pada RAM yang sudah dianggap tidak perlu. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Up Master untuk membersihkan proses pada RAM dengan mudah sekaligus mempercepat android bekerja.

6. Kurangi penggunaan Widget
Widget pada android memang sangat menarik dan lengkap. Namun tahukah kamu bahwa penggunaan banyak widget juga memakan proses yang besar pada RAM. Mengurangi atau bahkan sama sekali tidak menggunakan Widget akan mempercepat kinerja smartphone androidmu.

7. Ganti SD Card dengan Tipe yang lebih baik
Secara awam, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa SD Card memiliki banyak jenis. Ya, SD Card memiliki class tersendiri yang membedakan jenis yang satu dengan yang lainnya. Class pada SD Card menunjukkan kemampuan membaca dan menulis data maksimal pada SD Card. Jika proses yang terjadi pada smartphonemu lambat atau game yang kamu jalankan nge-lag, bisa jadi itu karena SD Card kamu tidak cukup bagus pada saat membaca atau menulis data. Jenis yang direkomendasikan untuk mempercepat android yang lambat adalah SD Card Class 10.

8. Root Smartphone Androidmu
Dengan melakukan rooting pada perangkat android memungkinkan kamu untuk mengkustomisasi smartphone android kamu. Kamu bisa mengganti firmware atau mengubah OS yang digunakan sehingga androidmu bekerja lebih bagus.

Carilah tutorial rooting yang lengkap sehingga kamu dapat melakukan root dengan benar atau mintalah bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman.

9. Lakukan Overclocking
Jika kamu sudah melakukan rooting pada androidmu, ada kesempatan buatmu untuk melakukan overclocking processor smartphone agar mampu bekerja lebih cepat. Banyak developer yang mampu membuat firmware dengan tambahan pilihan untuk melakukan overclocking. Namun overclocking akan membuat baterai smartphone kamu menjadi lebih boros.

10. Lakukan Factory Reset
Ketika semua cara telah dilakukan namun android kamu masih terasa lambat, cobalah cara pamungkas ini. Lakukan Factory Reset untuk mengembalikan semua setting dan pengaturan seperti saat smartphone android kamu masih baru. Jangan lupa backup semua data sebelum melakukan Factory Reset.

Kamu bisa melakukan factory reset dari Settings -> Backup and Reset kemudian pilih Factory data reset.

cara mempercepat android factory reset
Factory reset

Gambar: Techrises.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس