Home / Gadget / Android / 3 Aplikasi untuk Mempercepat Kinerja Android

3 Aplikasi untuk Mempercepat Kinerja Android

Seperti yang kita ketahui, Android saat ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tetapi, bukan rahasia lagi jika android juga mempunyai kekurangan yang artinya meskipun banyak digunakan namun android tetaplah bukan sistem operasi terbaik yang ada saat ini. Salah satu kelemahan android adalah penurunan performa ponsel menjadi lambat dan sering hang seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun masalah tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh spesifikasi hardware yang ada pada smartphone android, akan tetapi dalam beberapa kasus masalah tersebut diakibatkan oleh penggunaan memori RAM yang tidak teratur oleh aplikasi yang terinstal pada smartphone.

Sama halnya dengan komputer, ketika kita menggunakan smartphone untuk berbagai macam pemakaian seperti chatting, game, social media dan lainnya dalam jangka waktu yang lama, maka akan terjadi akumulasi penumpukan file temporari atau bisa disebut junk files pada sistem Android. Setiap aplikasi yang diinstal memiliki cache tersendiri yang tersimpan pada storage android.

Selain itu, semakin banyak aplikasi yang berjalan pada background akan membuat ponsel melambat akibat penggunaan RAM yang berlebihan di samping juga akan membuat baterai lebih cepat kehabisan daya. Kamu bisa mempercepat kinerja smartphone android dengan cara manual namun jika kamu merasa kesulitan, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membantumu mempercepat kinerja dan meningkatkan performa ponsel androidmu.

Berikut ini kami cuplikkan 3 aplikasi android terbaik untuk meningkatkan performa smartphone android.

CCleaner

ccleaner android_lemoot

Mayoritas dari kita pasti sudah mengenal aplikasi CCleaner. Ya, CCleaner sudah familiar dengan pengguna komputer dan internet untuk membersihkan temporary files yang tersimpan pada sistem. Sama halnya dengan CCleaner pada versi desktop, CCleaner pada android juga akan membantu meningkatkan kinerja ponsel dengan menghapus semua junk files yang tersimpan di system android.

Tampilan utama CCleaner android memberikan informasi tentang penggunaan storage dan RAM dengan tombol Analyse di bagian bawah. Cukup dengan satu klik Analyse, CCleaner akan menganalisa dan mendapatkan daftar junk files item yang bisa dihapus. Ccleaner adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang mengijinkan penggunanya untuk memilih secara manual file apa saja yang akan dihapus sehingga tidak seketika menghapus semua file yang ada pada daftar.

Setelah menyeleksi file yang akan dihapus, tekan tombol Clean dan aplikasi akan menampilkan informasi file sampah yang diakumulasikan dari setiap aplikasi yang diinstal.

Ccleaner juga memiliki fitur yang akan memberikan notifikasi setiap kali cache yang tersimpan di media penyimpanan meningkat mendekati batas yang ditentukan. CCleaner terbukti sebagai salah satu aplikasi paling efektif untuk menghapus junk files di smartphone android.

Baca juga:  Sekarang Instagram Bisa Zoom Foto dan Video. Begini Caranya!

SD Maid

 

sd maid android

SD Maid merupakan salah satu aplikasi untuk membersihkan sampah atau junk files di media penyimpanan. SD Maid mungkin belum familiar bagi kita akan tetapi SD Mid memiliki banyak fitur menarik yang layak untuk kita coba.

Fitur-fitur pada SD Maid diantaranya:
1. Corpse Finder, digunakan untuk menggali semua file yang berhubungan dengan aplikasi yang sudah dihapus sehingga dipastikan tidak ada yang tertinggal dari aplikasi yang sudah tidak digunakan.

2. System Cleaner, adalah tools yang sangat powerfull untuk membersihkan directory sistem dan menghapus data yang tidak diperlukan.

3. App Cleaner, digunakan untuk menghapus secara detail data dari aplikasi android yang terinstall. Seperti yang sudah diketahui setiap aplikasi yang ada pada smartphone android menyimpan sejumlah data berupa temporary files, dan data inilah yang akan dibersihkan oleh App Cleaner SD Maid.

4. Databases, digunakan untuk membersihkan databases yang masih tersimpan dari aplikasi yang sudah dihapus.

Pada menu utama SD Maid, kamu bisa langsung menekan tombol Clean untuk membersihkan semua data yang tidak dibutuhkan lagi dan mempercepat kinerja ponsel androidmu.

Greenify

greenify android

Masih asing mendengar nama aplikasi ini? Ya, tidak seperti aplikasi lainnya, Greenify lebih mirip dengan app manager daripada aplikasi pembersih memori. Greenify dengan cerdik terus berjalan di background dan membantu kita untuk menghemat baterai dan mempertahankan free space pada RAM.

Greenify juga memiliki fitur untuk boost performa android dan membuat penggunaan baterai lebih hemat.

Sesuai dengan kebiasaan kita yang melepas-pasang aplikasi baru dari Play Store, performa smartphone android akan menurun akibat dari menumpuknya data maupun file yang sudah tidak digunakan tetapi masih tersimpan di memori.

Kamu bisa menggunakan CCleaner, SD Maid atau Greenify untuk membantumu mempercepat kinerja dan meningkatkan performa ponsel androidmu. Selamat mencoba!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …