Home / Fotografi / 5 Cara Menghindari Foto Blur Dengan Kamera Smartphone

5 Cara Menghindari Foto Blur Dengan Kamera Smartphone

Bagi kita pengguna smartphone, memotret dengan smartphone tentu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Memang memotret dengan smartphone lebih mudah dan praktis daripada harus membawa kamera biasa kemana-mana setiap harinya. Setelah memotret dengan smartphone kita pun juga bisa langsung mengunggahnya ke media sosial.

Akan tetapi masih banyak dari kita yang ketika memotret dengan kamera smartphone hasil foto nya blur. Tentu saja ini sangat menjengkelkan. Apalagi yang kita foto adalah orang penting buat kita atau moment spesial. Kita pasti berharap jika hasil foto itu bagus dan indah untuk di lihat. Tetapi bagaimana jika sebaliknya? Bagaimana jika hasil foto kita blur? Padahal kamera smartphone kita sudah bagus dengan pixel yang tinggi.

Ada beberapa penyebab foto menjadi blur. Untuk penyebab foto blur telah di bahas di postingan sebelumnya yaitu baca juga: Kamera Foto Smartphone Kamu Blur? Inilah Penyebabnya!Nah setelah mengetahui penyebab kenapa foto blur, selanjutnya marilah kita belajar teknik bagaimana cara menghindari foto blur agar foto yang kita hasilkan dapat lebih bagus dan memuaskan. Inilah 5 cara menghindari foto blur dengan kamera smartphone :

1. Diam & Fokus

Ada 2 penyebab umum yang biasanya menjadikan foto blur yaitu kurang fokus dan adanya gerakan. Untuk masalah tidak fokus, banyak dari kita yang sudah menyadarinya sehingga ketika kita sedang memotret kita telah terbiasa untuk fokus. Akan tetapi hal yang satu ini masih banyak di abaikan oleh banyak orang : Diam. Jika kamu atau objek foto kamu bergerak saat menekan tombol shutter, ada kesempatan besar untuk hasil foto menjadi kabur.
fokus dan diam foto dengan smartphone

2. Tekan Tombol Shutter Dengan Halus

Penyebab lain yang sering di abaikan adalah ketika menekan tombol shutter. Mungkin kita sudah diam dan fokus tetapi ketika kita menekan tombol shutter tidak halus maka kamera smartphone kita sedikit bergerak tanpa kita sadari. Untuk itu tekanlah tombol shutter dengan halus. Dan juga tidak sedikit yang terburu-buru langsung bergerak setelah menekan tombol shutter padahal foto belum tersimpan sepenuhnya. Perlu di ketahui ketika kita menekan tombol shutter sampai foto tersimpan,ada jeda waktu untuk kamera melakukan tugasnya. Jadi tekan tombol shutter dengan halus dan tunggu sampai foto benar-benar tersimpan di smartphone mu.

Baca juga:  7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Hasil Terbaik

3. Gunakan Aplikasi Kamera Yang Bagus

Menggunakan aplikasi yang bagus ketika memotret dapat memberikan peningkatan yang besar pada semua hasil. Untuk itu instal lah aplikasi kamera yang bagus di smartphone mu. Bagi kamu pengguna iPhone, kita merekomendasikan Camera+ or Camera Awesome, kerena kedua aplikasi kamera tersebut support burst fire shooting.

Sedangkan bagi kamu pengguna android bisa mendapatkan fungsi serupa dari ProCapture dan Camera360.  Selain support fire shooting, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk menghasilkan foto yang menawan. Salah satunya adalah mode Burst shooting yang dapat menangkap serangkaian gambar, sehingga kita bisa memilih foto terbaik dari banyak foto dan menghapus sisanya. Ini akan sangat membantu kita mendapatkan hasil terbaik ketika kita berada pada perebutan foto seperti permainan olahraga atau konser. Dengan aplikasi tersebut kita juga dapat mengatur fokus, white balance dan exposure secara terpisah.

gunakan sofware kamera terbaik

 

4. Manfaatkan Blur Sebagai Keuntungan

Diam dan mengunci fokus akan bekerja dengan baik apabila kita memotret objek yang bisa kita kondisikan untuk diam. Akan tetapi ketika kita memotret objek yang bergerak tentu kita akan mengalami kesulitan. Dalam kondisi seperti ini pilihannya adalah kita bergerak searah dengan objek yang akan kita foto atau sengaja membuatnya blur. Kedua efek ini dapat bekerja dan menguntungkan kita, seperti pada foto di bawah ini :

manfaatkan blur

manfaatkan blur 2

 

5. Gunakan Benda Di Sekitar Menjadi Tripod

Ketika kita hendak memotret, sebetulnya banyak benda-benda di sekitar kita yang bisa kita gunakan sebagai tripod. Misalnya meja, kursi, jendela, batu besar ketika memotret di luar ruangan atau apapun saja. Letakkan smartphone di atasnya. Ini akan sangat membantu karena kita bisa memotret dengan tenang dan mengurangi gerakan.

Nah demikianlah 5 tips mengurangi foto yang blur dengan kamera smartphone.Jika ada yang belum mengerti tulislah komentarmu di kolom komentar. Semoga membantu dan selamat mencoba!

gambar : makeuseof.com

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

cara-bbm-tetap-d-walau-sudah-dibaca

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android – Selalu ada alasan mengapa sebuah aplikasi haruslah …