Home / Fotografi / Kamera Foto Smartphone Kamu Blur? inilah Penyebabnya!

Kamera Foto Smartphone Kamu Blur? inilah Penyebabnya!

Keberadaan kamera pada smartphone sangat membantu kita. Kita jadi bisa mengabadikan berbagai moment-moment tak terduga di keseharian kita dengan smartphone. Bahkan kamera- kamera smartphone saat ini sudah bagus-bagus dengan pixel tinggi sehingga lebih bisa menghasilkan gambar yang baik saat memotret.

Walaupun demikian, tidak sedikit dari kita yang masih sering mendapatkan foto yang blur saat kita menfoto dengan smartphone. Tentu ini membuat jengkel padahal kamera smartphone kita sudah bagus ( Baca juga : 5 Cara Menghindari Foto Blur Dengan Kamera Smartphone ). Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan kamera smartphone menjadi buram atau blur. Berikut penyebab kamera smarphoe blur :

Lensa Kamera Kotor

Kemungkinan pertama penyebab kamera ponsel blur ialah lensa kamera yang kotor. Kaca pelindung kamera ponsel terkadang tidak sengaja terkena sentuhan tangan. Untuk itu sebelum mengambil foto alangkah baiknya membersihkannya dulu. Untuk membersihkan gunakan sepotong kain yang lembut dan mengusapnya secara perlahan.

Gagal Fokus

Kemungkinan kedua penyebab foto blur ialah gagal fokus ke objek foto. Gagal fokus ini biasanya terjadi ketika kita mengambil foto close-up dengan latar belakang atau baground yang jaraknya jauh dari objek foto. Jadi kamera lebih fokus ke baground dari pada ke objek foto kita.Untuk itu sebelum kita menombol tombol shutter pastikan fokus kamera kita tepat pada objek foto, bukan di bagroundnya.Untungnya, beberapa smartphone telah didukung dengan tap to focus, sehingga dapat membantu kita untuk lebih memfokuskan gambar yang ingin dijepret.

Baca juga:  Kamera Anti Air dan Tahan Banting Terbaik Dengan Harga Murah

Kamera Bergerak

Kamera yang bergerak ketika mengambil gambar juga penyebab dari foto menjadi blur. Ini bisa terjadi karena tangan kita tidak stabil saat kita mengambil gambar. Selain itu cahaya foto rendah juga rentan terhadap hasil foto blur. Oleh sebab itu, optical images stabilization (OIS) sangat membantu saat kondisi seperti ini.

Objek Bergerak

Penyebab lain foto menjadi blur adalah objek yang bergerak. Ketika objek foto dalam frame bergerak, kemungkinan besar hasil foto menjadi buram. Hal ini lebih mungkin terjadi pada saat cahaya rendah, pada saat bukaan kamera cukup lama.

Itulah 4 hal yang sering menyebabkan foto dengan smartphone menjadi blur, setelah mengetahui penyebabnya semoga foto-foto dengan smartphone kita tidak lagi ngeblur!

Gambar utama :tumblr.com

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

kamera-waterproof-termurah-terbaik

Kamera Waterproof Kualitas Terbaik dan Harga Termurah

Kamera Waterproof Kualitas terbaik dan Harga Termurah – Di era modern sekarang  ini sedang menjadi …