Home / Gadget / Android / 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android Bekas

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android Bekas

tips sebelum menjual ponsel android

Bosan dengan smartphone android tua kamu? Ingin menjualnya atau memberikan kepada orang lain? Ada beberapa tips yang seharusnya kamu lakukan sebelum memberikan smartphone kamu ke tangan orang lain. Hal ini wajib dilakukan agar kamu tidak melakukan blunder dengan memberikan info-info pribadimu kepada orang lain. Ikuti tips berikut ini agar smartphone kamu terlihat ‘baru’ sebelum kamu berniat menjual smartphone Android bekasmu.

Terlihat baru tentunya bukan berarti smartphone kamu menjadi cling dalam tampilan fisik, melainkan isi dari smartphone kamu menjadi seperti pada saat pertama kali dirilis dari pabrik. Tak peduli setua apapun smartphone kamu, kamu wajib mengosongkan isinya sebelum melepas ke orang lain.

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk menghapus data pribadimu yang tersimpan dalam ponsel, diantaranya adalah sebagai berikut:

Lepaskan SIM Card

Copot SIM Card yang kamu gunakan. Sudah pasti lah ya jika kita wajib melepaskan SIM card yang ada pada ponsel yang mau dijual, apalagi SIM card tersebut adalah nomor utama yang sudah dikenal banyak orang. Jangan sampai deh nomor kamu ikut terjual ke orang lain.

Begitu juga kalau nomor yang ada adalah nomor paketan internet sekali pakai, tetap tak ada alasan untuk meninggalkan SIM card pada smartphone yang akan dijual. Meskipun kini sudah bukan jamannya menyimpan kontak pada SIM card, tetapi siapa tahu kamu masih menyimpan beberapa kontak teman kamu di SIM card dan jangan sampai kamu kehilangan kontak tersebut.

Copot dan Simpan Kartu Memori

cara memilih micro SD yang bagus

Jika smartphone kamu memiliki slot memori atau kartu microSD, lepaskan dan simpan kartu memori tersebut. Jangan pernah sekalipun membiarkan kartu microSD kamu berpindah tangan ke orang lain. Karena meskipun kamu telah memformat dan menghapus data yang ada, orang lain tetap mempunyai kemungkinan untuk me-restore data tersebut. Ngeri kan, kalau foto kamu atau pacara kamu diambil orang kemudian dijadikan lelucon di dunia maya?

Jadi, pastikan kamu menyimpan sendiri microSD card walaupun sudah tidak terpakai dan akan lebih enak jika nanti ketika kamu membeli ponsel baru, kamu bisa menggunakannya kembali beserta semua data yang ada di dalamnya.

Baca juga:  Cara Membuat Android Menjadi Microphone Untuk Komputer

Hapus Semua Data Pribadimu

Langkah selanjutnya adalah menghapus semua data yang berhubungan denganmu. Nama kerennya, wipe data ponsel. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui Settings -> Backup/Restore -> Factory Reset. Atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol pada saat booting. Kamu bisa mencari via Google cara masuk ke recovery menu pada smartphone yang kamu gunakan. Data-data yang akan dihapus antara lain: akun Google, aplikasi terinstal, musik, foto, akun media sosial.

cara mempercepat android factory reset
Factory reset

Pastikan ponsel dalam keadaan seperti baru digunakan ketika kembali dinyalakan.

Bersihkan dan Masukkan Kembali Ke dalam Box

Setelah isi dari smartphone bersih dari data-data, saatnya kamu membersihkan sisi fisik smartphone yang akan dijual. Pastikan debu-debu yang menempel hilang. Kamu bisa menggunakan kain halus untuk membersihkannya. Jangan lupa, bagian dalam baterai pun tidak boleh luput dibersihkan.

Setelah yakin sudah bersih, ambil box smartphone yang kamu simpan lalu masukkan kembali smartphone yang akan dijual. Jangan salah, harga ponsel bekas dengan dan tanpa box beda jauh lho. Jika kamu masih ingat, dulu sempat ngetren yang namanya menjual box hp bekas ke counter-counter HP buat nambah uang jajan! haha.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan jasa toko jual beli online atau melalui grup media sosial untuk menjual smartphone bekasmu. At least, kamu akan mendapatkan tawaran yang lebih tinggi daripada menjual ke toko.

Ilustrasi: ibnlive.in

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Nubia M2

Spesifikasi Dan Harga Nubia M2 Terbaru 2017

Spesifikasi Dan Harga Nubia M2 Terbaru 2017 – Bila sebelumnya ZTE dikenal dengan Sub-Brand Blade, …