Home / Tips n Trik / Cara Memilih MicroSD Card yang Benar dan Tepat
cara memilih micro SD yang bagus

Cara Memilih MicroSD Card yang Benar dan Tepat

Perkembangan teknologi smartphone saat ini sudah semakin maju. Kebanyakan ponsel keluaran terbaru sudah membawa memori internal antara 16GB dan 32GB. Jumlah yang sangat besar meskipun sebagian memori internal terisi dengan sistem operasi. Begitu juga dengan model smartphone kelas menengah yang rata-rata menawarkan memori internal hingga 8GB. Akan tetapi jika kamu gemar mengoleksi musik, video, game dan foto (karena kamera smartphone yang bagus), kamu akan mulai merasakan kehabisan tempat pada memori internal. Solusi terbaik adalah dengan membeli smartphone dengan memori internal yang besar atau dengan memiliki microSD dengan kualitas yang bagus.

Hampir semua smartphone Android memiliki slot microSD (entah slot tersendiri ataupun slot hybrid – berbagi dengan SIM 2) kecuali model tertentu yang memang tidak menyediakannya. Beberapa smartphone bahkan mengklaim mampu membawa microSD card hingga 128GB yang sangat jauh dari kebutuhan kapasitas dari mayoritas pengguna. Namun sebelum memilih microSD yang akan kamu beli, alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja yang wajib diperhatikan sebelum membeli sebuah microSD.

MicroSD card diklasifikasikan berdasarkan kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer data. Kelas pertama adalah SD (Secure Digital) yaitu kartu microSD yang mempunyai kapasitas 128Mb hingga 2GB. Kelas kedua adalah SDHC (Secure Digital High Capacity) yaitu kartu microSD yang memiliki kapasitas antara 4GB hingga 32GB. Dan yang terakhir adalah SDXC (Secure Digital Extended Capacity) yang mempunyai kapasitas hingga 2TB.

MicroSD card juga dikelompokkan berdasarkan kecepatan transfer data atau kecepatan menulis data. Ada 6 (enam) kelas utama yaitu 2, 4, 6, 10, UHS 1 dan UHS 3. Untuk selengkapnya kamu bisa perhatikan tabel di bawah ini yang menunjukkan kecepatan minimal transfer data pada masing-masing kelas.

KategoriKecepatan Transfer DataLevelRekomendasi
UHS 330 MB/sHigh SpeedMerekam video 4K dan 2K
UHS 110 MB/sHigh SpeedMerekam video HD, Capture foto continuous
Class 1010 MB/sHigh SpeedMerekam video HD, Capture foto continuous
Class 66 MB/sStandarMerekam video HD
Class 44 MB/sStandarMerekam video HD
Class 22 MB/sLambatMerekam video HQ
Baca juga:  Cara Membuat Offline Area Google Maps pada Android

Memilih microSD Card yang tepat untuk smartphone yang kamu gunakan bisa berdasarkan dua kriteria yaitu, ukuran dan kecepatan menulis data. Jika kamu ingin menggunakan kartu microSD untuk menyimpan dokumen, microSD card berukuran 8Gb sudah sangat cukup. Namun jika kamu lebih banyak menyimpan foto atau video, kamu lebih cocok menggunakan microSD card yang berukuran lebih besar, bisa 16Gb atau lebih. Hal ini dikarenakan dengan spesifikasi kamera smartphone yang semakin tinggi, kualitas foto dan video pun akan semakin baik. Hal tersebut berbanding lurus dengan space yang diperlukan untuk menyimpan foto dan video tersebut. Dengan begitu, microSD card yang berukuran besar akan mempunyai ruang yang cukup longgar. Namun hal ini tentu harus disesuaikan dengan budget yang ada, mengingat semakin besar kapasitas microSD card maka semakin mahal pula harganya.

Jika uraian di atas adalah menentukan microSD card berdasarkan kapasitasnya, maka yang harus diperhatikan berikutnya adalah kecepatan menulis data microSD card. Jika kamu sering menginstall aplikasi pada memori eksternal, rekomendasi terbaik adalah menggunakan microSD card yang mempunyai kecepatan menulis data yang lebih tinggi, minimal Class 10 atau yang lebih tinggi. Dengan microSD card yang lebih cepat, aplikasi atau game yang kamu jalankan bisa terbebas dari lag. Kami tidak merekomendasikan microSD card class 2 karena sangat lambat pada saat menulis data. Untuk pemakaian standar kamu bisa menggunakan microSD card Class 4 atau 6. Bagaimana, mudah bukan cara memilihnya?

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …