Home / Teknologi / 6 Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan Windows 8
Windows 10 - Windows, Walpaper Windows 10 - Logo Windows 10

6 Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan Windows 8

Kelebihan Windows 10  – Window 10 merupakan Sistem Operasi terbaru yang saat ini dikeluarkan/ dirilis oleh windows. Secara perlahan para pengguna pun akan beralih kepada sistem operasi baru ini yang notabene memang lebih canggih lagi di bandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Bagi kamu pengguna windows 10 tentunya sudah merasakan perbedaan antara dahulu yang masih menggunakan windows 7 atau windows 8 dan sekarang yang sudah menggunakan windows 10.

Secara umum ketiga versi windows tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan windows 10, karena memang banyak sekali perubahan dan fitur baru di windows 10 yang semakin canggih. Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang ada di windows 10, maka tidak ada salahnya jika kamu harus update windows versi dahulu ke windows 10. Berikut ini beberapa kelebihan dan keunggulan windows 10 :

 Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan 8

1. Windows 10 memiliki Fitur CORTANA sebagai asisten pribadimu

Berbeda dengan versi sebelumnya. Pada versi windows 10 ini memiliki fitur baru bernama cortana. Cortana hampir mirip dengan Siri milik Apple. Nama Cortana berasal dari seri permainan video Halo, yang merupakan permainan eksklusif di Xbox dan Windows. Dengan adanya fitur ini akan membantu pengguna windows 10 untuk melakukan kegiatan seperti set alarm, menanyakan cuaca, memutar musik cukup dengan perintah suara. Intinya, Cortana adalah asisten pribadi kamu. Kamu bisa menanyakan apa saja kepada cortana. Seperti : “Who is president of Indonesia”, maka cortana akan menjawabnya.

Fitur Cortana Windows10

Karena perintah yang kamu berikan adalah melalui perintah suara. Fitur ini sangat membantu kamu untuk melakukan sesuatu tanpa memegang atau memencet tombol apapun di keyboard PC/ laptop. Cukup dengan mengatakan “Hey Cortana” dan mengatakan perintah tertentu seperti “Play music”atau “Open google chrome” , maka perintah kamu tersebut akan langsung dilaksanakan oleh Cortana.

 

2. Tampilan Windows 10 adalah gabungan dari Windows 7 dan 8

Untuk masalah tampilan, Windows 10 lebih unggul dibandingkan versi sebelumnya. Windows 10 sendiri lebih mudah digunakan daripada windows 8. Jika dilihat lebih teliti, ternyata tampilan windows 10 merupakan kombinasi antara windows 7 dan windows 8. Start menu windows 10 seperti windows 7 start menu. Sedangkan fungsi tablet mode windows 8 juga ada di windows 10 (jika memang ingin ditampilkan). Secara keseluruhan tampilan windows 10 lebih sederhana dan ringkas. Terlihat lebih canggih dan tidak membosankan.

 

3. Terdapat Fungsi Virtual Desktop

Virtual Desktop Windows 10

Di windows 10 juga terdapat fungsi virtual desktop. Virtual desktop ini sangat bermanfaat saat kamu ingin bekerja dengan banyak desktop. Kamu bisa membuat beberapa virtual desktop sesuai kebutuhan. Caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows+CTRL+D untuk membuat virtual desktop baru. Untuk melihat virtual desktop yang telah dibuat atau untuk mengaksesnya adalah dengan kombinasi tombol Windows+Tab. (Baca jugaTips Rahasia Virtual Desktop Windows 10 yang harus Kamu Ketahui)

4. Booting Windows 10 lebih cepat

Nah untuk kelebihan yang terakhir adalah mengenai booting. Dulu saat menggunakan windows 7. Booting cukup menghabiskan waktu yang lama. Apalagi jika sudah terinstall beberapa program tambahan. Namun pada windows 10, booting kini terasa lebih cepat. Mungkin hanya memakan waktu kurang dari 10 detik saat memencet tombol power. Maka sudah muncul ke halaman desktop.

Baca juga:  Mengatasi Wake-Up System Acak pada Kondisi Sleep Windows 10

5. Browser Microsoft Edge yang cepat 

Aplikasi software Microsoft Edge ini merupakan pengganti dari Internet Explorer. Di Windows 10 Microsoft Edge berubah total diantaranya yang menarik adalah jika ketika sedang berselancar pengguna menemukan hal menarik maka tidak perlu susah membuka aplikasi lain untuk copy paste. Klik saja fitur edit, maka halaman browsing tersebut langsung dapat dicoret-coret sesuai keinginan. Kelebihan yang lainnya adalah jika dibandingkan kecepatannya dengan browser lain, Microsoft Edge diakui lebih unggul.

6. Adanya Fitur Windows Store

Windows Store merupakan fitur windows dimana kamu bisa mendownload berbagai aplikasi maupun game-game smartphone melalui windows 10. Memang windows store bukan merupakan fitur terbaru di windows 10, kita sudah diperkenalkannya sejak jaman windows 8. Tapi yang membuatnya berbeda adalah tampilan dan perkembangan aplikasinya. Kini windows store jauh lebih menarik daripada sebelumnya.Windows Store, Windows 10

Di windows 10, fitur ini menjadi menarik bukan karena tampilannya saja yang dapat diresize tapi aplikasi-aplikasinya kini semakin bervariasi. Selain itu, Miscrosoft juga berencana akan memaksimalkan fitur windows store. Tentunya hal ini tidak bisa dilewatkan, khususnya bagi pengguna Smartphone dan PC, merupakan kabar yang menyenangkan karena kamu dapat mendownload dan memainkan berbagai aplikasi maupun permainan yang sebelumnya terdapat di smartphone.

Itulah 6 kelebihan dan keunggulan windows 10 dibandingkan dengan windows versi sebelumnya ( windows 7 dan windows 8). Bagi kamu yang masih menggunakan Windows 7 atau 8, segera saja upgrade windows kamu untuk merasakan sensasi berbeda dari windows 10. Jika kamu ada pertanyaan atau komentar seputar ulasan di atas, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

5-aplikasi-broadcast-live-stream-gratis

5 Aplikasi Untuk Broadcast Live Streaming Terbaik 2016

5 Aplikasi Untuk Broadcast Live Streaming Terbaik 2016 – Ada beberapa alasan yang membuat orang …