Home / Fotografi / 7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Hasil Terbaik

7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Hasil Terbaik

Hampir semua smartphone sekarang ini telah dilengkapi dengan kamera. Bahkan tidak sedikit yang kameranya mempunyai kualitas yang bagus dengan pixel yang tinggi. Software-software kamera dan editing foto untuk smartphone pun semakin banyak dengan menawarkan fitur yang canggih. Maka tidak heran jika telah banyak yang bisa menghasilkan foto-foto yang bagus seperti foto profesional dengan kamera DSLR.

Akan tetapi tidak jarang juga dari kita yang sebetulnya mempunyai smartphone dengan kamera yang bagus tetapi kenapa belum bisa menghasilkan foto yang mengagumkan? Nah bisa jadi itu karena kita belum tahu betul trik dan tips menghasilkan foto bagus dengan smartphone. Berikut ini 7 tips memotret dengan smartphone untuk menghasilkan foto terbaik :

1. Kenali Kamera
Mengenali kamera smartphone yang kamu miliki dan terbiasa menggunakannya adalah hal yang penting agar kamu bisa menghasilkan foto yang lebih baik dengan smartphone kamu. Kamu mempunyai smartphone dengan dilengkapi kamera, tentu saja itu untuk digunakan. Satu-satunya foto yang buruk adalah foto yang tidak kamu ambil. Sering- seringlah memotret dengan smartphone mu. Cobalah dengan sudut pengambilan gambar yang tidak biasa dan mencari sudut yang tak terduga. Bermain-mainlah dengan bervariasi pengaturan yang tersedia yaitu dari resolusi, kecerahan, mode pemotretan dan fungsi unik lainnya yang ada pada aplikasi asli kamera. Seringnya kamu berlatih akan membuat foto semakin sempurna.

2. Ingat Aturan Pertiga Atau the Rule Of Thirds

7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Hasil Terbaik rule of thirds

Kebanyakan orang apalagi seorang pemula biasanya cenderung menempatkan objek foto di tengah frame. Sekarang cobalah mulai berlatih komposisi the rule of thirds. Komposisi ini merupakan komposisi yang paling dikenal dan populer di dunia fotografi. Aturannya pun sangat mudah. Aturan komposisi the rule of thirds/pertiga adalah memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal. Nah hasil dari memecah frame tersebut kita memiliki pertemuan 4 titik. Tempatkan objek foto disalah satu titik tersebut. Beberapa kamera smartphone telah memiliki pengaturan ini, yaitu garis-garis pada frame untuk anda gunakan saat anda mengambil gambar . Cobalah komposisi ini dan kamu akan kagum pada perbedaannya!

Untuk lebih memahami komposisi the rule of thirds baca juga : Rule Of  Thirds, Rahasia Komposisi Fotografi Yang Harus Kamu Tahu!

3. Dekatlah Dengan Objek Dan Hindari Zoom
Ketika kita terlalu jauh dari objek, kita akan mendapatkan objek terlihat kecil dan terlalu banyak latar belakang. Tentu saja hasilnya tidak bagus karena hasil foto menjadi tidak fokus. Sebaiknya, pastikan objek dekat dengan kita. Hindari zoom, ini penting karena zoom dapat mengurangi kualitas gambar.

Baca juga:  Harga Terbaru HP Elephone R9 November 2016 dan Spesifikasinya

4. Dapatkan Cahaya Yang Tepat
Pencahayaan alami hampir akan selalu menghasilkan bidikan yang lebih baik dengan warna realistis daripada foto yang diambil dengan kamera flash, terutama untuk gambar potret. Jika kamu memotret di alam terbuka siang hari tentu tidak masalah dengan pencahayaan. Akan berbeda jika kamu memotret di dalam ruangan, carilah tempat yang dekat dengan lampu yang kuat cahaya nya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memotret berhadapan dengan sumber cahaya yang kuat seperti matahari atau lampu yang sangat terang, tetapi sebisa mungkin sumber cahaya itu berada di belakangmu saat kamu memotretnya.

5. Ambil Foto Dengan Orang-Orang
7 tips fotografi smartphone untuk hasil terbaik dan bagus

Sebuah pemandangan pegunungan atau pantai saat matahari terbenam menarik bagi mata telanjang, tapi itu tidak selalu menerjemahkan untuk foto besar. Tempatkan orang-orang pada foto anda. Itu membuat foto lebih pribadi, lebih berkesan dan memberi mereka rasa skala dan tempat.

6. Jaga Lensa Tetap Bersih
Apakah kamu pernah melihat foto dengan plak atau bintik besar pada foto? Kemungkinan itu sepotong kotoran atau debu di lensa kamera smartphone mu. Pastikan smartpone mu tetap bersih sehingga setiap bidikan yang keluar sejernih kristal. Kasa atau kain lap smartphone dapat membantu.

7. Gunakan Sofware Photo Editing
cara foto smartphone agar bagus dan baik

Banyak smartphone memiliki alat editing yang bagus yang membantu kita memotong gambar, meningkatkan warna, tambahkan filter dan banyak lagi. Secara umum, lebih baik untuk memotong atau crop foto daripada zoom, dan menambahkan filter setelah kita mengambil bidikan, yang semuanya dapat dilakukan pada smartphone anda. Jika kamu lebih suka editing di komputer, kamu bisa menggunakan kartu memori atau kabel data untuk mentransfer foto dari smartphone.

Sekarang dengan tips sederhana fotografi smartphone ini, kamu akan bisa mengambil gambar seperti pro dalam waktu singkat!

Gambar : verizonwireless

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

Cara-Membuat-Tampilan-Android-Menjadi-iPhone

Inilah Cara Membuat Tampilan Android Menjadi iPhone

Membuat tampilan Android menjadi iPhone – Seperti kita ketahui kalau ada dua sistem operasi mobile …