Saturday , December 16 2017

9 Fakta Bagaimana Cara Google Mengenal Kamu

Google atau orang Indonesia sering memanggilnya Mbah Google memang merupakan raksasa di dunia internet. Google bukan hanya sekedar search engine atau penyedia layanan-layanan favorit seperti Gmail, Youtube, Chrome, Play Store dan tools-tools untuk memaksimalkan SEO website saja.

Lebih dari itu, Google menawarkan kelebihan kemampuan untuk menyimpan dan tracking data-data kita. Pernahkah kamu merasa hasil pencarian Google untuk kamu akan berbeda hasilnya dengan orang lain walaupun kata kuncinya sama? Atau kamu pernah mengamati iklan yang muncul di halaman web bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan? Misalnya kamu baru saja browsing jam tangan di sebuah situs belanja online, maka selanjutnya iklan yang muncul di web – web lain yang kamu akses akan berhubungan dengan jam tangan bukan?

Ya, Google memang menampilkan hasil pencarian atau iklan sesuai dengan kesukaan kita, atau paling tidak kita pernah mencari pada waktu sebelumnya. Google mempunyai banyak product untuk menyimpan data-data yang pernah kamu gunakan di internet. Kebanyakan fitur Google ini tersembunyi di dashboard akun Google kamu yang kebanyakan orang sama bahkan sama sekali tidak mengetahuinya.Begitu banyak tools yang tersembunyi yang menarik untuk diketahui tentang bagaimana kamu menggunakan produk-produk Google.

Berikut ini adalah beberapa tools tersembunyi yang menyimpan informasi tentang apa yang kamu lakukan dengan Google, termasuk apa yang kamu cari dan kamu ketik dalam kolom pencarian Google Search. Mari kita mulai dari Google Dashboard.

1. Google Dashboard
Mayoritas pengguna Google jarang membuka halaman dashboard akun Google, atau bahkan belum pernah membuka sekalipun. Rata-rata pengguna Google akan langsung membuka Gmail untuk mengecek email.

Google Dashboard ini merupakan halaman untuk mengontrol segala data yang ada pada akun Google kamu. Kamu bisa melihat data hasil dari aktifitas yang kamu lakukan dengan Google Search, Gmail, Youtube dan yang lainnya. Kamu juga bisa mengatur data tersebut seperti menghapus dan mengatur preferensi akun Google-mu pada setiap produk Google.

Google Dashboard
Google Dashboard

2. Web dan App Activity
Web & App Activity ini dulunya dikenal sebagai web history. Tools ini digunakan untuk melihat daftar pencarian Google yang pernah kamu lakukan di masa lampau. Kamu bisa mengatur kembali data yang sudah tersimpan termasuk menghapus pencarian hal-hal memalukan di masa lalu.

Web dan App History
Web dan App History

Meskipun data ini hanya kamu sendiri yang bisa melihat, namun ada baiknya mengatur ulang history ini seperti mematikan history pencarian sehingga data pencarian Google kamu tidak tersimpan di Web History.

Menghapus aktivitas Web dan App sepanjang waktu
Menghapus aktivitas Web dan App sepanjang waktu

Tidak hanya pencarian Google Search saja yang tersimpan, pencarian Youtube pun tersimpan pada Web & App Activity ini. Maka tak heran ketika kamu membuka youtube.com yang pertama kali muncul adalah video dangdut karena kamu pernah melihatnya di masa lalu (bagi kamu yang suka dangdut :p).

Menghentikan history web dan app
Menghentikan history web dan app

3. Voice and Audio Activity

Fitur ini menyimpan daftar input suara yang pernah kamu gunakan untuk pencarian. Umumnya, suara ini kamu gunakan untuk mencari pada Google Now.

Baca juga:  Review Harga Google Pixel 2, Gahar Dengan RAM 6GB Update Februari 2017
Audio History
Audio History

Kamu bisa mengontrol daftar pencarian tersebut termmasuk untuk menghapusnya dari link di atas.

4. Device Information / Informasi Perangkat
Device Information dapat kamu gunakan untuk melihat data apa saja yang terkirim dari device kamu ke Google. Misalnya, sinkronisasi kontak, aplikasi ataupun pencarian dari device kamu.

Device Information
Device Information

Fitur ini berguna bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang ditransfer dari device kamu.

5. Youtube Watch History dan Youtube Search History
Selain bisa dilihat dari Web & App History, daftar video yang pernah kamu lihat juga bisa kamu ketahui melalui fitur Youtube Watch History ini. Semua video yang pernah kamu lihat akan tercatat disini dengan catatan kamu melihatnya dalam kondisi kamu login ke akun Google kamu. Begitu juga Youtube Search History hanya akan menyimpan hasil pencarian yang kamu lakukan ketika akun Google kamu aktif. Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum kamu berpikiran melihat macam-macam dengan Youtube. Karena apa yang pernah kamu lihat dan kamu cari akan menjadi dasar video suggestion Youtube ketika kamu kembali ke Youtube berikutnya.

Kamu bisa menghapus daftar history Youtube satu per satu atau semuanya sekaligus. Kamu juga bisa menghentikan sementara Youtube History untuk tidak mencatat apa yang kamu tonton atau kamu cari.

6. Location History
Location History menunjukkan semua lokasi yang pernah kamu singgahi bersama ponsel Androidmu. Lokasi ini digunakan Google untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan lokasi dimana kamu pernah berada.

Kamu bisa mematikan history lokasi ini, atau menghapus beberapa lokasi dari daftar.

7. Setting Iklan (Ads Settings)
Ads Settings menampilkan profil iklan kamu berdasarkan apa yang Google ketahui tentang kamu dari aktifitas yang kamu lakukan dengan Google, iklan yang pernah kamu klik untuk menampilkan iklan lain yang relevan.

Setting Iklan
Setting Iklan

Kamu bisa mengubah jenis iklan yang kamu lihat dari halaman Ads Settings ini.

8.App Permissions
App Permissions menampilkan aplikasi android yang memiliki akses ke akun Google kamu. Kamu bisa menghapus access dengan mengeklik tombol Revoke Access dari daftar jika kamu tidak menginginkan aplikasi tersebut mengakses akun Google kamu di masa mendatang.

Daftar Permissions
Daftar Permissions

9. Account Activity
Account Activity bisa kamu gunakan untuk melihat login yang dilakukan pada akun Google. Kamu bisa melihat semua device yang aktif dalam 28 hari terakhir menggunakan akun Google. Kamu bisa menghapus akses dari Android namun sayangnya kamu tidak bisa menghapus session yang sudah terlanjur login dengan device lain.

Jika kamu merasa ada device lain yang membahayakan ikutan login dengan akun kamu, kamu bisa dengan segera mengamankan akun Google secepatnya.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس