Home / Gadget / Android / Android 7.0 Nougat, Versi Terbaru Android Yang Harus Kamu Tahu

Android 7.0 Nougat, Versi Terbaru Android Yang Harus Kamu Tahu

android nougat 7.0 android terbaru

Android 7.0 Nougat merupakan sistem operasi Android terbaru yang baru saja dirilis oleh Google. Google menambahkan beberapa fitur penting pada OS terbaru ini.

Android Nougat sebenarnya tidak membuat perubahan besar pada desain tampilan dan cara penggunaan jika dibandingkan dengan versi Android sebelumnya, namun apa yang telah dilakukan Google di balik layar dengan membawa beberapa fitur baru akan menjadi daya tarik tersendiri dari Android 7.0 Nougat.

Lalu apa saja sih fitur-fitur yang dibawa Android 7.0 Nougat? Simak ulasan kami berikut ini:

Android Nougat Membuat Proses Update Lebih Cepat dan Mudah

Ketika kamu menggunakan ponsel atau tablet yang sedang melakukan update, kamu tetap dapat menggunakannya seperti biasa. Update aplikasi akan berjalan di background dan kita hanya membutuhkan restart untuk menyelesaikan proses update.

Multitasking dengan Multi-Window

Terkadang kita melakukan dua pekerjaan secara bersamaan, kini kita bisa melihat keduanya pada waktu yang sama. Ya, fitur Multi-window memungkinkan kita untuk melihat lebih dari satu jendela pada layar ponsel.

Secara default, layar akan terbagi menjadi 50:50 dan dengan cepat aplikasi akan berda pada posisi atas dan bawah pada ponsel dan kiri-kanan pada tablet. Pada device yang memiliki layar lebih lebar, kamu juga bisa mengatur sendiri ukuran masing-masing jendela tersebut.

Notifikasi yang lebih baik

Dengan Android Nougat, kamu bisa membalas langsung notifikasi yang muncul secara langsung dari spot yang ada pada tray. Kamu tak perlu lagi membuka aplikasi ataupun menginstall aplikasi lain untuk melakukannya. Ketika pengembang aplikasi telah mendukung fitur ini, maka fitur ini akan bekerja dengan baik pada ponsel atau tabletmu.

Baca juga:  Harga Dan Spesifikasi SPC S15 Terra OS Lollipop RAM 1GB Update Februari 2017

Selain menyediakan fitur untuk Quick Reply, kita juga masih bisa melihat lebih detail notifikasi tersebut dengan melakukan tap pada notifikasi untuk membuka aplikasi.

Ponsel akan terasa lebih ringan dan hemat baterai

Setelah memperkenalkan Doze pada Android Marshmallow, kini Doze mendapatkan banyak update baru pada Andrid Nougat. Doze melakukan tugasnya jauh lebih baik. Ketika layar ponsel telah mati untuk beberapa waktu, proses yang berjalan di background pun juga akan berhenti. Tapi tenang, Google tetap memberikan fitur agar pesan baru tetap datang tepat waktu.

Android Nougat juga memiliki cara yang lebih baik dalam hal pengelolaan memori, kapan dan bagaimana aplikasi berjalan pada background. Dengan demikian, hal yang paling eterasa adalah penggunaan daya baterai yang lebih irit dibandingkan dengan versi Android sebelumnya.

Penggunaan Mobile Data Yang Lebih Hemat

Android Nougat akan membantu kita dalam hal menghemat kuota data yang kita gunakan. Pengaturan Data Saver terbaru ini akan memblokir penggunaan data dari background, misalnya untuk mengecek email baru ataupun memperbarui timeline twitter.

Kamu bisa mengatur Data Saver untuk memberikan izin pada aplikasi yang ingin dibuat tetap aktif ketika aplikasi lain diblokir.

Lanjut Halaman 2.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartfren Andromax Qi

Spesifikasi Dan Harga Smartfren Andromax Qi 4G LTE April 2017

Spesifikasi Dan Harga Smartfren Andromax Qi 4G LTE Januari 2016 – Smartfren adalah salah satu …