Home / Gadget / Android / Cara Baru Menggunakan WhatsApp Pada PC Desktop

Cara Baru Menggunakan WhatsApp Pada PC Desktop

Setelah sebelumnya memiliki aplikasi untuk Android, Apple, Windows Phone, Symbian, kini WhatsApp telah memiliki aplikasi desktop untuk Windows dan Mac OS. Kini, kita bisa saling bertukar pesan langsung dari komputer desktop atau laptop dengan aplikasi desktop client.Aplikasi desktop ini sangat mirip dengan WhatsApp Web yang telah dirilis sejak tahun 2015 lalu. Sama seperti WhatsApp Web, aplikasi WhatsApp untuk desktop PC ini menduplikasi percakapan dari smartphonemu. Artinya, kamu tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk desktop PC jika WhatsApp pada ponsel cerdasmu tidak berjalan, baik akibat tidak adanya koneksi internet atau smartphonemu kehabisan baterai. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa aplikasi WhatsApp desktop ini tetaplah merupakan media pembantu saja agar pengelolaan percakapan lebih mudah dengan komputer atau laptop.

WhatsApp desktop membutuhkan spesifikasi minimal Windows 8 dan Mac OS 10.9. Jika kamu menggunakan OS yang lebih baru, maka kamu tidak akan menemukan kendala berarti.

Cara Menggunakan WhatsApp Client Dengan PC atau Laptop

Untuk mulai menggunakan WhatsApp Client untuk desktop, kamu bisa langsung mendownload WhatsApp dari official website dan kemudian melakukan instalasi seperti biasa. WhatsApp desktop akan memberikan QR Code pada saat pertama kali dijalankan dan kamu wajib melakukan scanning kode tersebut untuk login ke aplikasi.

Tidak ada perbedaan sama sekali untuk melakukan loging WhatsApp desktop dan WhatsApp Web. Dari smartphone, buka Menu kemudian pilih WhatsApp Web kemudian arahkan kamera pada kode yang tersedia. Menu WhatsApp Web pada aplikasi mobile bisa dilakukan untuk login pada web maupun desktop.

WhatsApp Desktop Client
Tampilan Whatsapp Client via Blog WhatsApp

Aplikasi desktop WhatsApp menawarkan fitur dan fungsi aplikasi yang sama dengan apa yang ada aplikasi WhatsApp mobile. Hanya saja fitur panggilan telepon, sharing contact, sharing location dan text formatting belum berfungsi. Sebagai alternatif, kamu tetap bisa mengirimkan rekaman suara, lagu atau bahkan file lainnya dari komputer desktopmu. Tampaknya, dalam beberapa waktu ke depan WhatsApp akan terus mengembangkan fitur-fitur pada aplikasi mereka seperti video call, voice mail maupun transfer file dengan format yang lebih komplit. Harapan kita sih, semakin banyak fiturnya semakin diuntungkan pula kita sebagai pengguna setia WhatsApp.

Bagaimana, tertarik menggunakan WhatsApp desktop?

Sumber: Blog WhatsApp

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi Mumpuni Dan Harga Terjangkau Samsung Galaxy J3 Emerge Januari 2017

Spesifikasi Mumpuni Dan Harga Terjangkau Samsung Galaxy J3 Emerge 2017

Spesifikasi Mumpuni Dan Harga Terjangkau Samsung Galaxy J3 Emerge 2017 – Samsung selalu menguasai pasar …