Home / Featured / Cara Cepat Menghapus Cache pada Google Chrome

Cara Cepat Menghapus Cache pada Google Chrome

Seperti yang kita tahu, Google Chrome adalah salah satu browser dengan kemampuan loading website tercepat, namun tahukah kamu kenapa Google Chrome bisa menjadi yang tercepat? Chrome secara otomatis menyimpan berbagai macam data dari setiap website yang kita buka dan itulah mengapa Google Chrome membutuhkan waktu yang lebih sedikit pada saat mengakses web yang sama. Karena Chrome mengambil sebagian data dari tempat penyimpanannya dan bukan mengambil semua data dari server website.

Tetapi sejalan dengan apa yang disimpan Chrome untuk mempercepat loading website, data yang menumpuk terlalu banyak sangat memungkinkan menyebabkan Chrome menjadi lambat. Hal ini terjadi karena beban data yang berat sehingga kinerja Chrome tak lagi maksimal dan ketika hal ini terjadi, kamu tak lagi merasakan kenyamanan menggunakan Google Chrome.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan performa Chrome, salah satunya adalah menghapus cache yang tersimpan pada komputer. Cache mempercepat loading website, namun membuat lambat kinerja browser. Jika kamu sempat memperhatikan menu program pada Control Panel, besar instalasi Google Chrome akan terus meningkat seiring semakin sering browser digunakan.

Cara menghapus cache pada Google Chrome pun bermacam-macam. Terdapat cara asli yang disediakan melalui menu browser Google Chrome dan juga terdapat beberapa aplikasi baik berupa extensions ataupun yang lainnya untuk menghapus cache Google Chrome. Kamu tahu kenapa ada banyak aplikasi lain untuk menghapus cache pada Chrome? Yaps, menghapus cache dengan perintah default chrome membutuhkan waktu yang relatif lama.

Cara Menghapus Cache Dengan Metode Asli Google Chrome

1. Buka Google Chrome, klik pada tombol Options Google Chrome pada bagian kanan atas. Pilih More Tools kemudian klik Clear Browsing Data atau tekan tombol CTRL + SHIFT + DEL untuk langung membuka jendela ini.

cara hapus cache chrome
Hapus Cache Google Chrome

2. Beri tanda centang pada semua pilihan yang ada jika ingin menghapus semuanya. Kamu juga bisa memilih data sejak kapan yang akan dihapus. Pilih the beginning of time untuk menghapus semua data yang tersimpan pada cache.

3. Klik Clear browsing data lalu tunggu proses selesai. Proses menghapus cache bisa memakan waktu yang lama tergantung banyak tidaknya data yang dihapus.

Baca juga:  Harga Dan Spesifikasi Google Pixel Pengganti Dari Google Nexus

Setelah selesai kamu dapat mulai menggunakan Google Chrome seperti baru saja di-instal dan rasakan kembali perbedaan performa Google Chrome.

Jika menghapus menggunakan metode Google Chrome membutuhkan waktu yang lama, kemudian muncul beberapa aplikasi yang diciptakan untuk mempercepat proses menghapus cache Google Chrome. Berikut ini adalah cara menghapus cache lebih cepat dengan aplikasi berupa extensions Chrome.

Cara Menghapus Cache Lebih Cepat dengan Extensions Chrome

Kamu bisa menggunakan extensions berikut agar proses yang terjadi lebih cepat dan mudah, bahkan hanya cukup dengan satu klik saja.

1. Clear Cache

Clear Cache
Clear Cache

Ada banyak extensions yang tersedia untuk membersihkan cache yang tersimpan pada Chrome. Clear Cache memiliki banyak fitur keren yang bisa membuat kamu menghapus data browsing yang terdiri dari downloads, cookies, cache, history, isian form dan data yang lain.

Cara menggunakan Clear Cache sangat sederhana, klik icon Clear Cache kemudian secara otomatis menghapus semua data yang tersimpan browser.

2. Cache Killer

Cache Killer
Cache Killer

Cache Killer adalah salah satu aplikasi paling simpel untuk menghapus cache pada Google Chrome. Hanya dibutuhkan satu klik untuk mengontrol Cache Killer membersihkan data cache.

3. Single Click Cleaner

single click cleaner
Single Click Cleaner

Sama seperti dua extensions di atas, Single Click Cleaner juga memiliki prosedur kerja yang sama, cukup dengan satu klik. Bedanya, Single Click Cleaner memiliki beberpa opsi untuk membersihkan data pada browser.

Ketika kamu mulai merasakan Chrome sangat berat untuk berpindah tab atau membuka halaman web, kamu bisa mencoba membersihkan cache dengan langkah-langkah di atas, sehingga Chrome kamu akan menjadi lebih gesit dalam menemani kamu berselancar di internet. Sudah seharusnya cache browser secara rutin dibersihkan demi menjaga performa Google Chrome.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar 2016

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar – Berikut ini kami akan mengulas tentang smartphone-smartphone …

  • Halla Abin

    Terima kasih banyak …..