Monday , September 25 2017

Cara Membuat Status WhatsApp, ‘Instagram Stories’ Pada WhatsApp

Inilah Yang Terjadi Jika Kamu MengHapus Pesan Lama di WhatsAppmu
Inilah Yang Terjadi Jika Kamu MengHapus Pesan Lama di WhatsAppmu

WhatsApp baru saja memunculkan fitur terbaru mereka untuk mengguna Android di Indonesia. Fitur tersebut adalah Status WhatsApp yang dikemas mirip dengan Instagram Stories. Semakin menarik saja kan, WhatsApp ini? Jika dulunya status hanya tampil pada saat kita melihat kontak mereka, maka kini Status tersebut akan ditampilkan pada sebuah timeline pada tab Status.

Seperti yang kita tahu, baik WhatsApp maupun Instagram sama-sama dimiliki oleh perusahaan raksasa Facebook. Maka tak heran jika keduanya memiliki kemiripan, pun dengan fitur Status WhatsApp ini. Sebenarnya fitur ini hampir sama dengan Recent Update pada BBM, hanya saja WhatsApp selangkah lebih maju dengan meng-kloning Instagram Stories pada WhatsApp.

Penasaran seperti apa tampilan WhatsApp Status ini? Yuk simak artikel di bawah ini.

Cara Membuat WhatsApp Status, Instagram Stories versi WhatsApp

Untuk membuat WhatsApp Status seperti Instagram Stories, yang perlu kamu lakukan hanyalah meng-update aplikasi WhatsApp kamu ke versi terbaru. Ya, setelah melakukan update, kamu akan menemukan tampilan terbaru dari WhatsApp.

Tampilan tersebut terdiri dari 4 tab, dimana biasanya hanya ada 3 tab yaitu, Calls, Chats dan Contacts. Pada versi kali ini, WhatsApp memiliki 4 tab mulai dari sebelah kiri yaitu tab dengan icon Kamera, Chats atau Percakapan, tab baru Status dan tab Calls digeser ke sebelah ujung kanan.

Bagaimana untuk memulai membuat status?
Untuk membuatnya terdapat dua cara yang sangat mudah. Ikuti beberapa langkah berikut ini ya!
1. Klik icon kamera pada WhatsApp. Sama seperti Instagram Stories, kamu bisa memilih untuk memotret atau merekam video dari kamera atau mengambil foto yang sudah ada di Gallery. Setelah selesai, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu sebelum diposting gaes. Editornya pun sama persis dengan cara membuat Instagram Stories. Pun dengan cara menambahkan caption.

Baca juga:  Cara menghentikan WhatsApp Share Data Akun ke Facebook

2. Jika sudah selesai melakukan editing, kamu akan mendapati tampilan kemana gambar ataupun video tersebut akan kamu kirim. Untuk membuat status, pilih Send to My Status. Uniknya kamu juga bisa lho mengirimkan stories yang kamu buat kepada teman ataupun grup WhatsApp.

Cara Membuat Status WhatsApp, 'Instagram Stories' Pada WhatsApp
Jika kamu belum pernah membuat Status WhatsApp

Cara yang kedua hampir sama. Kamu cukup menuju tab Status kemudian menekan tombol My Status. Jika belum pernah membuat, kamu akan langsung menuju ke fitur kamera untuk mengambil gambar ataupun video.

Tetapi jika sudah pernah ada, kamu cukup menekan tombol 3 titik pada sisi kanan My Status kemudian tekan tombol + atau Add pada sebelah kanan.

Langkah selanjutnya sama persis dengan yang ada di atas.

Cara Membuat Status WhatsApp, 'Instagram Stories' Pada WhatsApp
Contoh WhatsApp Status

Yang perlu dipahami adalah WhatsApp status ini secara otomatis akan mengubah Profile Picture WhatsApp kamu. Namun tidak selamanya kok, karena setelah 24 jam, WhatsApp status secara otomatis menghilang.

Dan yang lebih menarik kamu bisa mengatur kepada siapa saja WhatsApp status kamu bisa dilihat. Klik tab Status kemudian pilih Status Privacy. Disini kamu bisa mengatur misalnya saja kamu ingin menyembunyikan statusmu dari gebetan atau mantan. Gila bener, keren kan?

Yaps, itu tadi cara singkat membuat Status WhatsApp atau Instagram Stories versi WhatsApp. Jangan lupa share ke temanmu untuk segera update aplikasi WhatsApp kalian. Mantap!

About Rian

SEO enthusiast.