Home / Tips n Trik / Cara Mengatasi Error Insufficient Storage Available Android

Cara Mengatasi Error Insufficient Storage Available Android

Jika kamu sering menemui pesan error insufficient storage available pada smartphone Androidmu ketika ingin mendownload aplikasi atau update aplikasi namun kamu merasa masih mempunyai space yang cukup, jangan panik. Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan cache pada perangkatmu dan kamu akan bisa mendownload, update dan install aplikasi kembali.

Cara Mengatasi Error Insufficient storage available pada Android

Jika ponsel andoroidmu merasa masih memiliki space yang longgar untuk mendownload aplikasi dan bahkan kamu sudah menghapus beberapa aplikasi lagi akan tetapi masih belum bisa digunakan untuk download, kamu perlu menghapus cache aplikasi.

Kamu bisa menghapus cache langsung dari pengaturan aplikasi pada smartphone atau dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi pembersih cache.

Pesan error yang insufficient storage available ini sering muncul setelah kita memindahkan file dalam ukuran besar dari memori internal ke memori eksternal atau microSD card. Hal inilah yang menyebabkan cache belum terhapus sepenuhnya. Kamu bisa menghapus cache aplikasi dalam beberapa detik atau menit saja, tergantung seberapa besar cache yang ada pada ponselmu.

Langkah pertama: Cobalah download aplikasi berukuran kecil (sekitar 2Mb) dari Play Store. Langkah ini bisa membuat sistem secara otomatis menghapus beberapa cache pada ponsel. Namun jika ponselmu tidak mengijinkan kamu menginstall aplikasi tersebut, kamu perlu menghapus cache dari masing-masing aplikasi.

Langkah kedua: Jika kamu belum mencoba menghapus sesuatu apapun dari ponselmu ketika menerima pesan error tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa meng-uninstall beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau terlupakan.

Baca juga:  5 Aplikasi Screen Video Recorder Android Terbaik

Selanjutnya, kamu bisa mengecek foto, video dan folder download pada ponselmu. Kamu bisa membackup data tersebut ke PC sehingga memori penyimpanan pada ponsel menjadi lebih longgar.

Setelah cukup longgar, kamu bisa menginstall satu progarm cleaner untuk membersihkan media penyimpanan dari cache dan file sampah lainnya. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi pembersih cache pada Android.

Langkah ketiga: Menghapus cache dengan aplikasi cache cleaner sangat mudah dilakukan. Jalankan aplikasi cleaner dan biarkan aplikasi melakukan scanning terhadap cache yang tersimpan pada ponselmu. Kamu bisa menghapus semua cache dan junk files bersamaan dengan menekan tombol clear atau tombol yang serupa.

Setelah selesai membersihkan cache dengan aplikasi, kamu akan mendapatkan space yang lebih besar pada penyimpanan internal. Dengan begitu kamu bisa mendownload atau mendapatkan update aplikasi kembali meskipun pesan error masih muncul.

Namun, jika kamu masih mengalami masalah pada saat instalasi aplikasi cleaner, kamu bisa mencoba membersihkan cache secara manual dari pengaturan aplikasi pada smartphone yang kamu pakai.

Clear Cache Google Play
Clear Cache Google Play

Setelah menghapus cache, kamu bisa mencoba kembali mendownload aplikasi dari Play Store untuk memastikan apakah space pada memori kamu sudah cukup atau belum.

Ilustrasi: androidheadlines.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …