Tuesday , November 21 2017

Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Tepat Bagi Pemula

cara-menggunakan-kamera-dslr-yang-tepat-bagi-pemula-2
Image Credit to www.noelbass.com

Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Tepat Bagi Pemula – Cara menggunakan kamera DSLR dengan tepat dan benar memang merupakan dasar yang penting ketika belajar Fotografi. Ketika kamu habis beli kamera DSLR, mungkin kamu masih bingung cara mengunakan kamera DSLR tersebut. Hal ini memang wajar, mengingat kamera jenis ini memiliki banyak settingan yang bikin bingung jika belum terbiasa menggunakan Kamera DSLR.

Jika kamu masih pemula atau baru belajar, kamu tidak perlu menguasai semua settingan di kamera DSLR semuanya sekali waktu. Untuk awal yang harus kamu kuasai adalah Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Tepat. Walau kamu baru belajar, kamu tetap bisa lho menghasilkan foto yang bagus dan tidak kalah dengan yang sudah profesional. Asalkan kamu menggunakan Kamera DSLR dengan tepat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang caranya, berikut ini tips dari tim lemoot tentang cara menggunakan kamera DSLR yang tepat bagi Pemula :

1.Perhatikan Cara Memegang Kamera DSLR Yang Benar

Hal pertama yang perlu di perhatikan ketika baru belajar menggunakan kamera DSLR adalah cara memegang kamera DSLR. Ketika kita memotret di luar, orang  lain memang tidak tahu apakah kita masih belajar atau sudah mahir.

Tetapi jika cara kita memegang kamera DSLR salah, maka orang lain jadi langsung tahu kalau kita masih pemula. Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan cara memegang kamera DSLR yang benar.

cara-memegang-kamera-dslr
cara memegang kamera DSLR by sandrophoto.com

Kesalahan paling umum ketika memegang kamera  adalah tangan kiri memegang lensa kamera dari samping.  Hal ini tentu tidak benar. Cara yang benar adalah tangan kanan memegang body kamera dengan jari  telunjuk bersiap memencet tombol shutter. Sedangkan tangan kiri menopang kamera dari bawah.

Banyak keuntungan dari cara memegang ini, yang jelas dengan tangan kiri menopang kamera dari bawah, ketika kita memotret kamera menjadi lebih stabil dan bebas goncangan. Agar menambah kestabilan, kamu juga bisa merapatkan siku ke badan supaya kamera lebih stabil.

cara-memegang-kamera-dslr-yang-benar-2
Image Credit to improvephotography

2. Gunakan Pengaturan Otomatis / Mode Auto

Jika kamu masih baru menggunakan kamera DSLR, untuk settingan sebaiknya menggunakan menu otomatis. Dengan settingan otomatis ini, maka setelan pengaturan yang penting seperti Aperture, Eksposur dan ISO juga akan otomatis tersetting menyesuaikan kondisi obyek foto. 

mode-auto-cara-menggunakan-kamera-dslr-yang-tepat
Image Credit to ilovephotography.com.au

Hal ini bukan tanpa alasan lho, karena jika kamu langsung menggunakan mode settingan manual tanpa memahaminya terus kamu salah setting Aperture, Eksposur atau ISO bisa-bisa hasil foto malah jelek. ( kok jadi curhat masa lalu hehe ). Akan tetapi jika kamu penasaran dengan settingan lebih lanjut tentang Aperture, Eksposur dan ISO akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

3. Gunakan Auto Focus

Tips  menggunakan kamera DSLR yang tepat bagi pemula yang ketiga adalah menggunakan Auto Focus. Kenapa harus menggunakan Auto Focus? Karena jika kamu menggunakan mode Manual Focus padahal belum terbiasa, bisa-bisa hasil foto yang kamu ambil menjadi salah fokus atau malah ngeblur.

auto-focus-button-cara-menggunakan-kamera-dslr
Image Credit to journotech.co.uk

Auto Focus, seperti namanya, adalah mekanisme yang memungkinkan lensa untuk secara otomatis mendapatkan fokus. Auto Fokus merupakan cara yang tepat untuk cepat dan efektif mengunci fokus objek foto. Settingan Auto Focus ini bekerja sangat baik pada moment dimana cahaya cukup cerah dan tidak redup.

Baca juga:  Tips Menghasilkan Foto Terbaik Menggunakan iPhone 6

4. Perhatikan Cara Menekan Tombol Shutter Agar Fokus & Stabil

Tips cara menggunakan kamera DSLR selanjutnya  adalah perhatikan cara menekan tombol shutter. Ketika menekan tombol shutter, tekanlah dalam dua langkah. Langkah yang pertama adalah menekan setengah dari tombol shutter. Kemudian tunggu sampai lensa dapat menangkap titik fokus dengan baik. Jika lensa sudah mengunci fokus objek kemudian lanjutkan langkah yang kedua yaitu dengan menekan tombol shutter sepenuhnya.

cara menekan shutter-button-agar-fokus-dan-stabil
Image Credit to digital-photo-secrets.com

Tips kedua dalam menekan tombol sutter adalah tekan tombol dengan halus dan minimalkan guncangan. Karena biasanya ketika menekan tombol, tanpa sadar menekan dengan kencang sehingga membuat kamera sedikit ada guncangan dan kamera tidak stabil. Jika ini terjadi, maka ada kemungkinan hasil foto menjadi kurang fokus atau malah ngeblur.

5. Gunakan komposisi Rules Of Third

Masih ingat aturan Rules Of Third? Rule of thirds/aturan sepertiga merupakan rumus atau prinsip komposisi yang paling di kenal dan populer dalam dunia fotografi. Bagi kamu yang suka potret memotret atau ingin belajar lebih jauh tentang fotografi, sebaiknya kamu paham tentang rumus Rule of thirds. Dengan aturan sepertiga ini biasanya foto yang dihasilkan diharapkan menjadi benar-benar terlihat proporsional serta enak dilihat.

Rule of Third adalah aturan komposisi dimana bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar, baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar.Nah hasil dari pembagian bidang tersebut kita memliki pertemuan 4 titik. Dengan aturan ini kamu bisa menempatkan objek foto di salah satu pertemuan 4 titik tersebut. Untuk lebih jelas, baca juga : Rules Of Third, Rahasia Komposisi Fotografi Yang Harus Kamu Tahu!

Itulah tadi tips cara menggunakan kamera DSLR yang tepat bagi pemula. Semoga dengan tips di atas dapat membantu kamu dalam belajar fotografi secara mudah dan praktis. Jika kamu ada pertanyaan atau komentar seputar tips di atas, jagan ragu untuk mendiskusikannya dengan menuliskannya di kolom komentar, ya!

About Hayart

Internet Marketing enthusiast.

  • Budi santosa

    boleh di coba nie klo besok ane beli kamera dslr 😀
    ditunggu tips fg lainnya kak

    • hayart

      Monggo gan .. 😀
      Iyap siap gan

  • Herman April

    pembahasannya cukup mudah dimengerti, jadi pengen beli kamera dslr hehee

آپلود عکس