Cara Menyeleksi Sinkronisasi Folder dengan Google Drive

logo google drive

Google Drive bisa jadi merupakan salah satu kompetitor terkuat bagi Dropbox saat ini. Sebagai salah satu produk Google, Google Drive dalam versi mobile app ataupun versi web merupakan kekuatan besar yang menjadi pesaing Dropbox. Seperti kita tahu bersama, Google Docs, Google Sheets dan Google Slides semuanya dibangun untuk menyimpan dokumen pada Google Drive.

Mengingat hampir segalanya milik Google Drive telah menjadi yang terbaik, namun ternyata ada satu hal yang mungkin cukup mengejutkan. Google Drive belum mampu sepenuhnya menyeleksi folder untuk sinkronisasi, sangat tertinggal dengan Dropbox yang sudah memiliki fitur tersebut sejak lama.

Pada dasarnya fitur ini digunakan untuk memberikan kamu ruang untuk memilih dan mengambil folder mana yang akan disinkronisasikan dengan desktopmu. Pada update terbaru kali ini, kamu sekarang bisa memilih folder mana saja yang akan disinkronkan dengan desktopmu pada saat pertama kali kamu menginstall aplikasi Google Drive. Selain itu, kamu juga bisa mengubahnya kemudian. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Memilih Folder yang Disinkronisasi pada saat Install Google Drive

Ketika kamu mendownload dan menginstall Google Drive pertama kali, kamu akan diminta untuk sign in dengan menggunakan akun Google dan kemudian kamu akan mengikuti tour singkat tentang aplikasi. Sampai pada slide tour terakhir, kamu akan menemukan slide berjudul “You’re all set!” dimana kamu dapat melihat tombol “Sync options” pada bagian bawah. Klik tombol Sync options tersebut.

Baca juga:  Cara Install Google Play Store Secara Manual pada Android

pilih sinkronisasi google drive

Hilangkan tanda centang pada folder yang tidak ingin disinkronisasi kemudian klik Start Sync.

sinkronisasi forder gdrive

Update data Folder yang Disinkronisasi

Jika kamu sudah memiliki aplikasi Google Drive yang terinstall dan telah menyinkronisasi semua folder ke destop, kmau bisa menghapus salah satu folder yang ingin tak lagi disinkronisasi. Klik kanan pada icon Google Drive pada System Tray kemudaian pada pop up yang ada klik tombol more options yang ada pada pojok kanan kemudian pilih Preferences.

Kamu akan menemui 3 buah tab yaitu Sync Options, Account dan Advanced. Pilih tab Sync Options kemudian beri atau hilangkan tanda centang sesuai dengan keinginan kamu untuk mulai atau menghentikan sinkronisasi pada foler tersebut. Klik tombol Apply yang ada pada bagian bawah.

google drive preferences

Setelah itu, folder yang kamu hilangkan akan terhapus dari hardisk kamu namun folder tersebut akan tetap tersedia pada Google Drive.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Menggunakan Pronet V10.12 Apk Terbaru 2017

Cara Mudah Menggunakan Pronet V10.12 APK Terbaru 2017

Cara Mudah Menggunakan Pronet V10.12 APK Terbaru 2017 -Untuk mendapatkan akses internet gratis terkadang kita …