Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39, Jelas dan Lengkap!!!

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39, Kelebihan Oppo A39, Kekurangan Oppo A39,

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39 – Lemoot.com – Dengan diskon yang terbilang sangat menggiurkan untuk perangkatnya yang lebih dahulu ada di pasaran seperti F1s dan A37, di ada penghujung 2016 yang lalu Oppo merilis Oppo A39 dengan judul Unstoppable Selfie. Bisa dibilang ini usaha marketing yang baik untuk lebih memperkenalkan produknya sebagai penutup tahun.

Dengan design dan spesifikasi yang bisa dikatakan identik atau bahkan merujuk, Oppo A39 tercatat memiliki beberapa pemangkasan fitur dari F1s. Maka dari itu, wajar jika khalayak menyebut ponsel ini merupakan F1s versi Lite. Lantas bagaimana dengan kemampuan yang dimiliki oleh Oppo A38. Lantas, masih layakkah Kamu membeli Oppo A39 saat ini?

Sandang Julukan F1s Versi Lite, Begini Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39

Secara sekilas, kalau Kamu kurang begitu hapal dengan ponsel-ponsel buatan Oppo, akan sedikit sulit membedakan antara F1s dengan A39 ini. Hadir dengan desain citarasa premium dengan lengkungan di keempat sudut body, Oppo A39 ini memajang layar 5.2 inch yang masih sangat nyaman untuk Kamu mainkan meski dengan sebelah tangan sekalipun. Nilai handling khas yang diberikan Oppo memang tak perlu diragukan lagi.

Oppo A39 dengan tag Unstoppable Selfie ini memang mengandalkan kamera depan 5 mega piksel yang dirasa ukurannya masih standar. Meskipun hasil yang diberikan juga sanggup memuaskan Kamu, namun mungkin sedikit agak aneh antara tag dengan kenyataannya. Selebihnya, masih ada dukungan 4G, RAM yang cukup lapang seluas 3GB dengan baterai yang dirasa cukupan buat Kamu yang lebih sering memainkan medsos ketimbang gaming.

  • Dimensi : 1 x 72.9 x 7.7 mm
  • Bobot   : 147 gram
  • Bahan : Kombinasi Aluminum dan Plastik
  • SIM : Dual SIM (Nano) stand-by
  • Jenis Layar : IPS
  • Ukuran Layar : 2 inch, (68.6% dari body)
  • Resolusi : 720 x 1280 pixels, (282 ppi) rasio 16:9
  • Proteksi : Corning Gorilla Glass 4
  • OS : Android 5.1 (Lollipop) dengan Color OS 3.0
  • Chipset : Mediatek MT6750
  • CPU : Octa-Core (4×1.5 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU : Mali-T860MP2
  • Internal : 32 GB, 3 GB RAM
  • Penyimpanan : mendukung microSD sampai 256 GB
  • Kamera Utama:  13 MP (f/2.2, 1/3″) dengan autofocus dan LED flash
  • Fitur Kamera: Geo-tag, fokus sentuh, deteksi wajah, panorama dan HDR
  • Video: [email protected]
  • Kamera Depan : 5 MP (f/2.4, 1/4″, 1.4µm)
  • Suara Notifikasi : MP3, WAV ringtones dan getar
  • Fitur Suara : Loudspeaker dan jack audio 3.5mm
  • Konektifitas : WLAN, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot, Bluetooth kelas 4.0, A2DP, A-GPS, FM radio, microUSB 2.0 support OTG
  • Sensor : Accelerometer, Proximity, compass
  • Perpesanan : SMS, MMS, Email, Email Push
  • Multimedia  : Pemutar MP4/H.264/FLAC, MP3/eAAC+/WAV, penampil dokumen, editor foto
  • Baterai : Li-Ion 2900 mAh (tanam)
  • Warna : Gold, Rose Gold

Baca Juga : Harga Oppo A39 Terbaru Dan Spesifikasi Lengkap

Dengan membaca daftar spesifikasi yang diusung oleh Oppo A39 di atas, Kamu pastinya sudah memiliki gambaran dimana kelas ponsel ini berada bukan? Selanjutnya mari kita simak beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel Oppo A39 ini;

Kelebihan HP Oppo A39

  • Desain kokoh namun tetap nyaman

Pada bagian fisiknya, Oppo A39 ini memang menyerupai Oppo F1s yang memiliki arsitektur body yang tipis dengan lengkungan pada tiap sudut. Alhasil selain halnya kesan premium dan elegan yang dibawanya, Kamu akan betah memainkan ponsel berlama-lama. Didukung lagi dengan bahan metal pada beberapa bagian, semakin mempertegas kesan kokoh dan premium dari ponsel ini. untuk semakin menunjang kenyamanan kamu saat memainkan layar, Oppo memberikan kaca lengkung 2.5 D.harga oppo A39, spesifikasi oppo A39, oppo A39

Di depan ada 3 buah tombol kapasitif tepat di bawah layarnya. Sementara di atas layar masih seperti biasa dengan sensorkedekatan (proximity), kamera selfie dan LED putih tepat di kiri kamera. Di body belakang  ada kamera 13 MP yang menjadi pusat perhatiannya. Sementara di sisi kiri ada kontrol volume dan slot kartu ditemani tombol power di sebelah kanan. Di bagian bawah cukup ramai oleh beberapa lubang seperti untuk jack earphone, port charger serta speaker.

Bahan metal memang bukan sekedar memberikan kesan premium saja. Menggunakan bahan logam pastinya meyakinkan Kamu bahwa ponsel ini tidak akan rontok dengan mudah oleh benturan pada bagian body belakang. Namun bagaimana dengan ancaman dari depan?

Jangan khawatir, Kamu bisa mempercayakan keamanan dari berbagai goresan hingga benturan sekalipun pada layar karena proteksi Gorilla Glass 4 yang digunakan pada panel layar sentih ponsel ini. Tak hanya cantik, Oppo A39 memang cukup kokoh dari depan maupun belakang.

  • Fungsionalitas

Kelebihan Oppo A39 selanjutnya yaitu ada pada Fungsionalitas. Inilah salah satu kelebihan yang ternyata cukup banyak dikesampingkan oleh vendor ponsel saat ini. Meskipun fitur triple slot (Dual SIM aktif plus SD Card) ini mulai dilirik lagi oleh pabrikan untuk ponsel tahun 2018, Oppo A39 sudah mengaplikasikannya sejak kemunculannya.

Oppo memahami dengan baik pola penggunaan orang Indonesia pada umumnya dengan memberikan 2 slot SIM yang bisa aktif secara bersamaan alias non-hybrid. Oppo A39 juga sudah mendukung kanal 4G agar aktifitas upload medsos Kamu menjadi semakin lancar. Panggilan lewat LTE alias VoLTE juga bisa Kamu coba.

Baca juga:  Kelebihan Oppo A37 Lengkap yang Wajib Kamu Ketahui
Oppo A39
Oppo A39

Slot yang dapat memuat 2 keping kartu SIM berukuran nano ini juga menyediakan tempat khusus untuk Micro SD. Bagi Kamu yang suka ber-selfie ria, Micro SD sebesar 256 GB boleh diselipkan di slot tersebut. Ya, meskipun musimnya sekarang penyimpanan cloud, namun menyimpan file asli di micro SD membuat Kamu lebih nyenyak tidur tanpa khawatir file-mu terkompres atau hilang karena lupa password.

Meskipun punya slot untuk penyimpanan eksternal, Oppo A39 ternyata juga memiliki memori internal yang ukurannya lebih dari sekedar cukup. Untuk menampung data dari aplikasi dan sistem, ponsel ini menggunakan penyimpanan sebesar 32 GB. Namun Kamu tetap disarankan untuk rajin-rajin beres-beres file entah itu memindah ke Micro SD, upload ke penyimpanan Cloud atau menghapus file yang sudah terbackup dan tak terpakai lagi agar tersisa cukup nafas bagi ponsel.

  • Performa

Kelebihan Oppo A39 selanjutnya yaitu ada pada Performa. Dengan tag Unstoppable Selfie yang dibawanya, mungkin kata Unstoppable juga bisa diberikan pada performanya. Dengan processor yang memang tak bisa dibilang wah, yaitu MediaTek MT6750 dengan clock speed di 1,5 Ghz saja, Oppo memang tak terhentikan dengan RAM 3GB yang dibawanya. 

Dukungan pengolah grafis dual core Mali-T860, beberapa game yang cukup berat sekalipun seperti Aspalt 8 atau modern combat 4 tak sanggup menghentikan kinerja Oppo A39 ini. Namun Kamu harus ingat pula bahwa ponsel ini bukan untuk segmen gaming loh ya..

  • Kamera

Kelebihan Oppo A39 selanjutnya yaitu pada Kamera. Ya walaupun seri A ini tidak memiliki resolusi kamera sebesar keluarga F Series, bekalan kamera utama sebesar 13 MP dan 5 MP untuk kamera depan nyatanya sudah cukup untuk mengakomodir berbagai kebutuhan kekinian Kamu.

Ingat bahwa, angka-angka tersebut bukan menjadi penentu utama suatu foto. Masih ada banyak hal lain yang bisa Kamu ulik untuk menghasilkan gambar-gambar memukau dan memorable.

Oppo A39
Oppo A39

Yang membuat resolusi standar tersebut menjadi semakin maksimal adalah banyaknya fitur unggulan khas Oppo. Sebut saja UltraHD dengan kemampuan mereduksi noise, lalu ada Mode Expert untuk pengaturan shutter speed sampai 1/16 detik untuk memungkinkan kreatifitasmu dengan light painting. Dan masih banyak lagi kemungkinan hasil foto yang lebih artistik dapat Kamu hasilkan dengan sedikit keterampilan dan tehnik khusus.

  • Baterai

Kelebihan Oppo A39 selanjutnya yaitu ada pada Baterai. Kalau dilihat lagi, kapasitas baterai Oppo A39 ini adalah 2900 mAh dan tergolong standar untuk saat ini. Lantas bagaimana ia dikatakan unggul? Dengan penggunaan wajar seperti yang diklaim sang Vendor, ponsel ini bisa bertahan seharian sekali charging.

Yang mempengaruhi kekuatan baterai ini tak lain adalah racikan dari ukuran layar serta resolusinya, jenis prosesor dengan kecepatannya yang memang terbatas, OS Lolipop dengan manajemen daya yang diterapkan dalam Color OS menghasilkan baterai yang sanggup bertahan seharian.

Kekurangan Oppo A39

  • Resolusi Layar

Dengan kedalaman piksel yang tak sampai 300ppi, Oppo A39 akan terlihat kurang tajam dan menghasilkan tulisan atau gambar yang agak terlihat kasar. Kalau Kamu terbiasa dengan ponsel flagship dengan ketajaman layar sekitar 400-500ppi, maka perbedaan akan sangat terasa. Jangan khawatir, dengan sekitar 282ppi konten di web dan chatting Kamu tetap terbaca dengan baik kok. Bagaimanapun ini tetap kekurangan yang perlu Kamu perhitungkan.

  • Keamanan

Sensor fingerprint yang saat ini sudah banyak mampir di ponsel-ponsel baru tidak akan Kamu temukan pada body Oppo A39 ini. Fitur keamanan ini memang cukup banyak diminati orang walau bukan sepenuhnya untuk fungsi kemanan, memiliki fitur kekinian biasanya membuat orang lebih yakin. Yah meskipun sensor sidik jari itu cuma sekedar untuk gaya atau screen wake up saja.

  • Belum Fast Charging

Kekurangan Oppo A39 selanjutnya yaitu belum Fast Charging. Mungkin dengan pertimbangan ukuran baterai yang tak terlalu besar, Oppo menghilangkan fitur “Vooc Flash Charging” pada Oppo A39. Alhasil untuk mengisi penuh baterainya, bisa memakan waktu sampai 2 jam.

  • Tombol Kapasitif

Kekurangan Oppo A39 selanjutnya yaitu Tombal Kapasitif. Inilah yang menurut kami sedikit merusak citarasa premium pada Oppo A39. Meskipun dengan pembiasaan, pengguna bisa mengira-ngira posisi tombol kapasitif dalam kondisi gelap sekalipun, navigasi tanpa lampu ini mengingatkan pada ponsel murah. Bagaimana pendapat Kamu? Apakah demikian juga?

Oppo A39
Oppo A39

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A39 di atas, tentunya pertimbangan akan dihitung kembali dengan harga yang dibanderolkan pada ponsel ini. Hingga saat ini, harga jual ponsel ini ada di kisaran Rp 2,6 juta ke atas untuk varian 3/32. Dengan kerasnya persaingan di kelas low-end dan mid-end, sepertinya Kamu punya pilihan yang sangat banyak dan sangat sulit.

About Hayart

Internet Marketing enthusiast.