Home / Tips n Trik / Mengembalikan Data Hilang Pada Android Yang Belum Rooted dan Rooted
deleted file recover
Hapus file via androidcentral.com

Mengembalikan Data Hilang Pada Android Yang Belum Rooted dan Rooted

Kita pasti pernah melakukan hal yang satu ini. Menghapus foto, video atau file penting pada smartphone Android secara tidak sengaja. Satu hal yang wajib dilakukan adalah jangan panik. Karena, akan selalu ada cara untuk berusaha mengembalikan file tersebut. Kuncinya, jangan menyimpan apapun baik file baru atau apapun dan segera matikan koneksi Wifi dan 3G/4G kamu. Tujuannya adalah agar tidak terjadi pembaharuan sehingga kamu mempunyai kesempatan untuk mengembalikan data yang hilang pada Android.

Mengembalikan data pada Android yang belum di-Root

Seandainya kamu tidak memahami hal ini, berarti kemungkinan besar kamu masuk dalam kategori ini. Jika kamu menggunakan aplikasi recycle bin semacam Dumpster atau menggunakan ES File Exploter, kamu bisa mencoba mengecek pada Recycle Bin apakah file yang kamu hapus berada disana. Namun jika ternyata tidak ada, langkah berikutnya adalah mengkoneksikan ponsel dengan PC dan menggunakan aplikasi recovery.

Jika Micro SD Card kamu tidak terdeteksi jika pada komputer pada saat dikoneksikan dengan komputer, kamu bisa menggunakan Card Reader melalui port USB atau bisa menggunakan SD Card Adapter. Langkah berikutnya adalah download aplikasi Recuva (kamu bisa memilih aplikasi berbayar ataupun versi gratis) sebagai aplikasi recovery data. Jika tidak bisa, kamu bisa mencoba mendownload aplikasi lain yang cukup oke namun membutuhkan root yaitu Wondershare Dr. Fone.

Saat menjalankan Recuva, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih jenis file yang akan direcovery yaitu foto, video, musik atau dokumen. Berikutnya adalah pilihan untuk mengembalikan data dari lokasi yang spesifik. Recuva hanya akan menampilkan lokasi yang benar-benar direcovery jadi ikuti saja apa yang akan ditampilkan dalam program. 

Recuva Scanning mengembalikan file terhapis android
Recuva Scanning

Jika kamu selesai melakukan recovery dan file yang kamu cari ada dalam daftar, simpan file tersebut di lokasi lain dari lokasi awal, misalnya simpan file tersebut pada harddisk terlebih dahulu kemudian baru kamu pindahkan kembali ke Micro SD Card. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi konflik data.

Baca juga:  5 Aplikasi Video Call Gratis Terbaik Di Android

Lalu bagaimana jika file yang terhapus berada pada memori internal? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mencoba melakukan recovery. Langkah yang pertama adalah dengan mengaktifkan Developer Options pada Android. Caranya masuk ke Settings -> About Phone -> Build Number kemudian tekan Build Number sebanyak 7 kali. Cara ini akan secara otomatis mengaktifkan Developer Options pada smartphone androidmu.

Setelah Developer Options aktif, selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan USB Debugging melalui Settings -> Developer Options lalu centang Enable USB debugging. Jalankan aplikasi Wondershare Dr Fone dan scan perangkat Androidmu untuk melakukan recovery data.

Cara di atas dapat digunakan untuk melakukan recovery data pada Android yang belum di-Root. Selanjutnya jika kamu mempunyai akses Root pada smartphone Android, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk melakukan recovery data.

Recovery data oada Android Dengan Menggunakan Undelete (Khusus Android yang sudah di-Root)

Langkah pertama: Download Undelete

Langkah kedua : Pilih media penyimpanan yang akan discan. Bisa memori internal ataupun memori eksternal.

Langkah ketiga: Kemudian mulai scan perangkat Androidmu.

Langkah keempat: Proses akan berjalan sekitar 10 menit tergantung kapasitas memori dan juga besar data yang tersimpan.

Langkah kelima: Ketika selesai, kamu akan mendapatkan hasil yang terbagi dalam beberapa tab yaitu Files, Pictures, Music, Video dan Document. Data yang direcovery akan disimpan pada lokasi awal data tersebut berada.

Jika hasil yang didapatkan belum maksimal, kamu bisa mencoba melakukan scanning kembali dengan menggunakan Recuva atau Wondershare Dr. Fone.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

cara-bbm-tetap-d-walau-sudah-dibaca

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android – Selalu ada alasan mengapa sebuah aplikasi haruslah …