Home / Tips n Trik / Cara Memainkan Clash Of Clans (COC) pada PC atau Laptop

Cara Memainkan Clash Of Clans (COC) pada PC atau Laptop

memainkan COC di PC

Memainkan Clash of Clans pada PC sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Meskipun tidak tersedia aplikasi COC untuk PC, akan tetapi masih ada banyak cara untuk mendownload dan memainkan COC dengan menggunakan PC. Alasannya, sangat banyak emulator iOS dan Android yang bisa kamu gunakan sebagai perantara.

COC adalah salah satu game terbaik dengan jumlah pemain yang sangat banyak. Game multiplayer ini mempunyai sejumlah daya tarik yang mengakibatkan pemainnya kecanduan dan terus menerus ingin memainkannya. Bermain COC secara terus menerus pada smartphone bukanlah hal yang ideal walaupun memang tidak ada aturan yang melarangnya. Hal ini dikarenakan karena smartphone pasti mempunyai fungsi lain yang lebih utama daripada sekedar untuk bermain game. Apalagi, pemakaian secara terus-menerus berpotensi mengurangi performa smartphone kamu akibat kapasitas baterai yang terbatas dan dipaksakan.

Solusi cerdas agar kamu selalu on pada Clash of Clans adalah dengan memainkannya via PC. Kamu bisa menggunakan emulator Android terbaik seperti Bluestacks, Andyroid ataupun YouWave Android. Tenang, tidak ada perbedaan antara COC yang kamu mainkan pada PC dengan COC yang kamu mainkan langsung pada ponsel.

Cara Mendownload Clash of Clans pada PC

Developer COC memang tidak menyediakan official online website untuk memainkan game ini secara online, sehingga pilihan yang tersisa adalah dengan menjalankan emulator Android atau iOS pada PC untuk bermain Clash of Clans.

Sebelum mendownload emulator Android, dalam hal ini kita akan menggunakan BlueStacks, kamu wajib menyiapkan PC atau Laptop dengan spesifikasi yang cukup. Spesifikasi yang dibutuhkan adalah RAM minimal 2 GB dan VGA HD Standar.

Adapun rekomendasi untuk RAM adalah 4GB. Hal ini dikarenakan BlueStacks menggunakan resource yang cukup besar dan dikhawatirkan tidak akan berjalan dengan baik ketika RAM kurang mencukupi. Sedangkan VGA HD standar adalah batas minimal VGA yang direkomendasikan mengingat COC menggunakan resolusi Full HD.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Android Tidak Perlu di-Root

Lalu bagaimana cara mendownload COC pada PC? Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Langkah pertama: Download BlueStacks pada PC kamu. Kamu bisa mendownload langsung dari website BlueStacks. Sangat direkomendasikan untuk melakukan mendownload online installer karena kamu akan mendapatkan versi terakhir dari BlueStacks.

Namun jika tidak memungkinkan kamu juga bisa mendownload offline installer BlueStacks.

Langkah kedua: Lakukan instalasi BlueStacks. Klik dua kali file installer BlueStacks kemudian ikuti petunjuk yang ada sampai dengan selesai.

instalasi bluestacks
Instalasi BlueStacks

Langkah ketiga: Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi BlueStacks. Carilah tombol search kemudian klik tombol tersebut.

Langkah keempat: Cari ‘Clash of Clans‘ dan kamu akan menemukan link COC yang akan membawa kamu ke Google Play Store.

Link COC PlayStore
Link Clash of Clans ke Play Store

Langkah kelima: Kamu akan diminta untuk menyinkronisasi fitur yang membutuhkan login dengan menggunakan akun Google. Masukkan username dan password akun Google kamu karena kamu tidak bisa melewati langkah ini.

Langkah keenam: Setelah login selesai, kamu akan kembali ke halaman pencarian yang tadi dilakukan. Klik tombol link game ke Google Play Store.

Langkah ketujuh: Klik tombol Install pada Google Play Store kemudian proses download Clash of Clans pada komputer akan dimulai.

Install Clash of Clans COC pada PC
Install Clash of Clans pada PC

Setelah proses download selesai, proses instalasi akan secara otomatis berjalan tanpa harus kamu perintah dan COC siap dimainkan pada komputermu.

Sekarang kamu bisa mulai memainkan Clash of Clans pada komputer dengan menggunakan BlueStacks. Sekali lagi, tidak ada perbedaan antara COC pada BlueStacks dan pada iOS atau Android sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan berarti. Bagaimana, mudah kan cara memainkan COC dengan PC atau laptop? Share artikel ini dan ajak teman-temanmu bermain Clash of Clans dengan komputer!

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh –¬†Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …