Home / Social Media / Cara Membuat Snapgram Stories (Video Seperti Snapchat) di Instagram
cara-membuat-instagram-stories-snapgram

Cara Membuat Snapgram Stories (Video Seperti Snapchat) di Instagram

Belum lama ini Instagram lagi-lagi merilis fitur terbaru sebagai bentuk improvisasi aplikasi instagram. Kalau kamu peka, setelah kamu mengupdate intagram ke versi terbaru, kamu akan melihat foto profil teman kamu dengan bingkai merah tepat di bawah tulisan nama aplikasi Instagram. Dan jika icon tersebut diklik, akan muncul sebuah video pendek yang ditampilkan dalam layar penuh yang sangat mirip dengan apa yang biasa kita jumpai pada snapchat. Fitur apa sih ini sebenarnya?

Yaps, fitur ini diberi nama snapgram yang artinya kurang lebih snapchat dalam Instagram hehe :p Kita bisa merekam video pendek atau mengambil video dari kamera roll kemudian menambahkan teks ataupun efek-efek lainnya seperti yang kita lakukan pada snapchat. Untuk menggunakan fitur ini, kamu wajib mengupdate aplikasi Instagram ke versi terakhir, ingat versi terakhir. Lalu, gimana caranya menggunakan snapgram ini? Berikut ini Cara mudah  membuat Snapgram Stories (Video Seperti Snapchat) di Instagram :

Cara Membuat Snapgram dengan Mudah

Jika kamu perhatikan, di sebelah pojok kiri atas tepat di depan nama aplikasi Instagram, terdapat sebuah tombol “plus” yang dikelilingi garis lingkaran setengah penuh dan putus-putus. Klik tombol tersebut untuk memulainya.

fitur-instagram-stories-mirip-snapchat

Setelah itu akan terbuka aplikasi kamera. Fungsionalitasnya sama persis dengan kamera yang ada pada ponsel. Kamu bisa mengubah pilihan kamera utama ataupun kamera depan untuk merekam video, mengaktifkan atau mematikan flash.

Tekan dan tahan tombol capture untuk mulai merekam video. Perhatikan indikator berwarna khas Instagram yang melingkari tombol capture untuk menandakan durasi video yang telah terekam. Setelah selesai mengcapture video, klik tombol next yang ada pada pojok kanan atas.

rekam-video-instagram
Rekam video Instagram

Selain merekam video secara langsung,kamu juga bisa mengambil video yang telah tersimpan pada kamera roll mu. Caranya swipe layar dari atas ke bawah dan kamu dapat melihat foto ataupun video yang telah kamu miliki.

Baca juga:  Snapchat Berubah Jadi Snap Inc, dan Keluarkan Kaca Mata Pintar Terbaru

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah merekam atau memilih video adalah mengolah foto atau video tersebut. Kamu dapat menambahkan teks ataupun garis dari dua tombol yang ada pada pojok kanan atas. Teks tersebut juga dapat diwarnai sesuai dengan seleramu. Sedangkan di sebelah kiri atas terdapat tombol untuk mengaktifkan atau mute audio dari video yang kamu unggah.

edit-instagram-stories
Edit Instagram Stories

Pada layar ini, kamu juga bisa mendownload video tersebut dengan menekan tombol download yang ada pada pojok kanan bawah. Jika kamu telah selesai mengolahnya, kamu dapat mengunggah story yang kamu buat dengan menekan tombol Upload yang ada di bawah-tengah layar. Sementara jika ingin unggah foto atau video dari PC, kamu bisa menggunakan tips ini.

Seketika instagram akan mulai memproses menggunggah story yang kamu buat. Proses ini tergantung koneksi yang kamu gunakan namun umumnya tidak akan berjalan lama mengingat video yang diunggah juga berdurasi singkat.

Story snapgram yang kamu buat akan nangkring di atas timeline followersmu. Lalu, bagaimana dengan komentar dan lain sebagainya?

Ternyata Instagram tidak begitu saja membuat fitur ini tanpa pengaturan. Nyatanya kita bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat story yang kita unggah dan siapa saja yang bisa memberikan komentar. Komentar pada snapgram akan tersampaikan kepada kita melalui Direct Message. Untuk membuka halaman pengaturan, kamu bisa menekan tombol roda gigi pada pojok kiri atas pada saat akan mengcapture video.

pengaturan-instagram-stories

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …

  • DenNy SaiBer

    kalo cara download Snapgram ny gmn gan

    • cukup update instagram versi terbaru gan, terus pakai fitur stories..