Home / Gadget / Android / Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Background Android
smartphone android aplikasi

Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Background Android

Banyak aplikasi android yang tetap berjalan meskipun kita sedang tidak membuka aplikasi tersebut. Proses ini dinamakan background task, artinya aplikasi berjalan di background untuk melakukan aktivitas seperti sinkronisasi, mencari informasi lokasi berbasis GPS, mengupdate data cuaca, mengecek pesan masuk untuk aplikasi chatting dan berbagai aktivitas lain sesuai dengan kapasitas aplikasi tersebut. Namun tidak semua aplikasi melakukan proses pada background. Jika kamu ingin mengetahui aplikasi apa saja yang menjalankan proses pada background ataupun kamu ingin menghentikan proses dari aplikasi yang berjalan, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Melihat proses pada Background dengan Process Stats dan Battery Usage

Untuk melihat aplikasi mana saja yang berjalan pada background dan seberapa besar konsumsi powe mereka, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan Android untuk memonitor keduanya.

Langkah pertama: Aktifkan Developer Options melalui Settings -> About Device kemudian tekan Build Number sebanyak 7 kali sampai kamu mendapat notifikasi bahwa Developer Options sudah aktif.

Langkah kedua: Masuk ke Settings -> Developer options -> Process stats untuk melihat sebanyak apa aplikasi berjalan pada background. Tekan salah satu aplikasi untuk melihat seberapa banyak penggunaan RAM oleh aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi BBM adalah salah satu aplikasi yang mengkonsumsi RAM paling banyak.

Force Stop aplikasi via Process Stats
Force Stop aplikasi via Process Stats

Langkah Ketiga: Masuk ke Settings -> Battery lalu tap salah satu aplikasi untuk melihat konsumsi baterai dari aplikasi tersebut.

Aplikasi Mana Saja yang Harus Dihentikan dari Background Process?

Ada beberapa aplikasi yang mengkonsumsi cukup banyak memori dan tentu saja baterai. Namun, prioritas aplikasi tetap harus diutamakan pada saat menghentikan aplikasi dari proses yang berjalan di background. Aplikasi texting seperti BBM, WhatsApp, Line yang biasa kamu gunakan dengan keluarga, pasangan atau teman tentu harus tetap berjalan.

Kamu bisa memilih aplikasi seperti game yang sedang tidak dimainkan, pemutar musik yang sedang tidak digunakan dan juga aplikasi media sosial yang sedang tidak aktif. Kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar resource pada RAM tetap longgar dan baterai dapat bertahan lebih lama.

Baca juga:  Ini Dia Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 5i Februari 2016

Namun, ada juga aplikasi yang memang tidak bisa kamu hentikan. Aplikasi dari Google ini tidak boleh kamu berhentikan diantaranya Google Search, Google Play Services, Google Contact, Google Play Store dan yang lainnya.

Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan.

Cara pertama: Masuk ke Settings -> Apps -> Pilih Aplikasi -> tekan tombol Force Stop.
Selain untuk menghentikan background process, kamu juga bisa menghapus aplikasi dengan menekan tombol Uninstal (Copot Pemasangan) melalui langkah di atas.

Cara kedua : Masuk ke Settings -> Developer Options -> Process Stats -> Plih Aplikasi -> tekan tombol Force Stop.

Cara ketiga: Cara ini hanya berlaku bagi pengguna Android 5.0 Lollipop dan setelahnya. Tekan tombol recent apps pada ponsel (sebelah tombol home) kemudian swipe ke kiri atau ke kanan untuk menghentikan process yang berjalan.

Selain dengan menghentikan aplikasi yang berjalan pada background secara manual, kamu juga bisa membuat aplikasi ‘berhibernasi‘ atau membiarkan aplikasi pada posisi sleep ketika aplikasi tidak digunakan. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify yang bisa membuat aplikasi menjadi sleep ketika tidak digunakan.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …