Home / Tips n Trik / Cara Mengembalikan atau Restore Pesan WhatsApp yang Terhapus
Cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp

Cara Mengembalikan atau Restore Pesan WhatsApp yang Terhapus

Tidak diragukan lagi WhatsApp adalah aplikasi chat yang sangat populer. Hampir semua pengguna smartphone mempunyai WhatsApp yang terinstall di ponsel mereka, termasuk kita. Kita semua sangat menikmati aplikasi besutan WhatsApp ini, menggunakan aplikasi ini setiap hari dan tak diragukan lagi kita mulai mencintai Aplikasi Chat yang sangat user friendly, ringan dan yang pasti dapat diandalkan pada jaringan yang minim sekalipun.

Kamu mungkin pernah ada pada situasi ketika kamu tanpa sengaja menghapus pesan WhatsApp yang sangat penting, entah dari rekan bisnis atau dari pasangan kamu sedangkan kamu tak tahu apa yang harus kamu perbuat berikutnya? Ya, smartphone touchscreen memang bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi, kita semakin dimudahkan karena touchpad yang nyaman, namun di sisi lain bisa saja kita tanpa sengaja melakukan ‘klik’ pada menu tertentu yang bisa berakibat fatal yang tidak kita inginkan.

Jika kamu telah menggunakan backup pesan baik secara offline atau menggunakan Google Drive untuk backup pesan WhatsApp secara harian mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika ternyata kamu sama sekali belum melakukan pengaturan backup pesan WhatsApp, bagaimana menyelamatkan percakapan penting yang telah terhapus?

Baca juga:  Mengatasi WhatsApp Pending,Ternyata Caranya Gampang Banget!

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kembali pesan WhatsApp yang terhapus yaitu menggunakan cara manual memanfaatkan database WhatsApp dan menggunakan aplikasi web.

Mengembalikan / Restore Pesan WhatsApp dengan Cara Manual

Tidak banyak yang tahu jika WhatsApp membuat backup dari semua data yang ada setiap pukul 3 pagi menurut waktu yang ada pada sistem. Backup tersebut disimpan pada SD card smartphone Android. Adapun cara untuk mendapatkan kembali pesan WhatsApp yang terhapus adalah sebagai berikut:

1. Buka File Manager yang kamu pakai, kemudian arahkan pada folder tempat database WhatsApp disimpan yaitu pada SDcard/WhatsApp/Databases.

2. Pada folder database kamu akan menemukan file yang menyimpan percakapan/chat dengan nama yang seragam seperti, msgstore-2015-10-29.1.db.crypt8. Kamu bisa melihat data backup berdasarkan tanggal yang ada namun ada file bernama msgstore.db.crypt8 yang berisi data percakapan yang ada pada saat ini. Rename atau ganti nama file tersebut, bisa dengan menambahkan karakter 1 atau kata lain sebelum msgstore.db.crypt8.

3. Setelah file msgstore.db.crypt8 selesai diganti nama, kamu bisa memilih file berdasarkan tanggal yang menurut kamu adalah tanggal dimana kamu belum menghapus percakapan yang hilang atau sebelum data chat terhapus. Pilih file sesuai tanggal tersebut lalu rename menjadi msgstore.db.crypt8. Kamu juga bisa me-rename melalui koneksi PC atau menggunakan card reader.

4. Langkah yang terakhir adalah menghapus data pada WhatsApp. Buka Settings -> Apps -> WhatsApp lalu klik Clear Data. Setelah selesai, buka kembali aplikasi WhatsApp. Jika muncul pertanyaan untuk Restore data, Tap Restore kemudian tunggu proses Restore Pesan dilakukan untuk mengembalikan data msgstore.db.crypt8 yang sudah kita ubah sesuai tanggal yang kita pilih.

cara merestore pesan whatsapp terhapus
Tap Restore untuk mengembalikan pesan

Cara di atas adalah untuk mengembalikan pesan atau percakapan yang terhapus baik sengaja atau tidak sengaja. Namun, jika yang kamu hapus adalah foto atau video, kamu tak perlu khawatir karena file tersebut masih tersimpan pada SD card/WhatsApp/Media selama kamu tidak mencentang “Delete Media from Phone” pada saat menghapus media baik foto atau video.

Baca juga:  Cara Membuat Tulisan Tebal dan Miring pada WhatsApp

Mengembalikan / Restore Pesan WhatsApp dengan Aplikasi Website

Cara mengambalikan pesan WhatsApp yang terhapus bisa menggunakan website Recovermessages.com. Website ini bisa digunakan untuk membaca file database WhatsApp yang tersimpan dengan gratis.

cara mengembalikan pesan wa terhapus recover messages
Tampilan Recover Messages

Buka website Recover Messages kemudian klik tombol Select SQlite file untuk mulai mengupload database. Pilih file database sesuai tanggal yang ada dari SD card. Centang pilihan “i accept the terms of use” kemudian klik Scan atau Procesar.

Tunggu beberapa detik untuk menampilkan pesan yang ada. Setelah selelai, semua pesan akan ditampilkan di layar. Kamu bisa melihat dan membaca pesan tersebut namun kamu tidak bisa mengembalikan pesan tersebut ke WhatsApp dengan cara ini. Copy dan Paste pesan tersebut pada notepad atau aplikasi pengolah kata lain jika kamu ingin menyimpannya.

Itu tadi adalah cara mengembalikan atau restore pesan WhatsApp yang terhapus. Jika kamu menemui kesulitan, kamu bisa menulis komentar di bawah ini ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

cara-bbm-tetap-d-walau-sudah-dibaca

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android – Selalu ada alasan mengapa sebuah aplikasi haruslah …